Cegah Penyakit Mulut dan Kuku,74 Ekor Kambing di Kabupaten Tegal Divaksin

Cegah Penyakit Mulut dan Kuku,74 Ekor Kambing di Kabupaten Tegal Divaksin

VAKSIN -Tim dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal saat melakukan vaksinasi kambing di Kecamatan Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal gencar melakukan vaksin terhadap hewan ternak domba dan kambing. Langkah ini untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan Sugiyanto mengatakan, vaksin kali ini dilakukan di Desa Pekauman Kulon dan Desa Pepedan Kecamatan Dukuhturi. 

Jumlah kambing yang divaksin sebanyak 74 ekor. Pemberian vaksin ini merupakan agenda rutin untuk memberikan kesehatan terhadap hewan ternak.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tempat Camping di Boyolali, Cocok untuk Refreshing Otak

"Kegiatan ini tujuannya untuk mencegah penularan PMK," kata Sugiyanto.

Dalam kegiatan itu, Sugiyanto menggandeng Drh Tutik Ratnaningati, Paramedik dan PPL Kecamatan Dukuhturi. Selama memberikan vaksin, tim tidak menemukan hewan ternak yang terjangkit PMK.

"Prinsipnya, kami tidak akan lengah dan akan terus gencar melakukan vaksin sebagai upaya pencegahan," kata Sugiyanto menambahkan.

BACA JUGA:DPUPR Kabupaten Tegal Optimis Proyek Rehab Kantor Kecamatan Kramat Selesai Tepat Waktu

Dirinya tak menampik, di sejumlah daerah masih ada kasus PMK yang menyebar pada hewan ternak. Karena itulah, Sugiyanto tidak ingin virus itu masuk ke Kabupaten Tegal.

"Vaksin akan kami lakukan secara merata," tukasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id