Tahun Politik, Babinsa Kodim Tegal Diwanti-wanti Tidak Lakukan Ini

Tahun Politik, Babinsa Kodim Tegal Diwanti-wanti Tidak Lakukan Ini

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman memberikan pengarahan politik kepada ratusan Babinsa dan Prajuritnya, di Gedung Dadali Pemkab Tegal.-Yeri Noveli-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Babinsa atau Bintara Pembina Desa merupakan satuan teritorial TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Para Babinsa ini diwanti-wanti untuk tidak berpolitik pada Pemilu maupun Pilkades.

"Itu memang perintah langsung dari Panglima TNI. Tidak ada tawar menawar keberpihakan seorang prajurit terhadap politik," kata Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman menegaskan.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023

Dandim menyampaikan itu dihadapan ratusan Babinsa dan Prajuritnya di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Selasa 19 September 2023.

Dandim berharap, para Babinsa bisa bekerja dengan baik sesuai tupoksinya. Mampu menetralisir setiap ada ancaman yang dapat berimbas langsung pada masyarakat. Seperti berita hoak yang membuat cemas masyarakat.

BACA JUGA:Simak 6 Pinjol Syariah, Resmi Tanpa Bunga Dijamin Terpercaya!

"Biasanya itu saat Pilkades. Seperti yang terjadi di Desa Banjarturi (Kecamatan Warureja) kemarin," kata Dandim.

Walau sempat ada gesekan pada pelaksanaan tahapan Pilkades di desa tersebut, namun Dadim yakin, saat ini sudah kondusif. Bahkan, permasalahan itu sedang dalam evaluasi Pemkab Tegal atau Inspektorat.

"Sekarang sudah aman. Itu juga peran dari Babinsa," ujarnya.

BACA JUGA:Pinjol Shopee Pinjam Tawarkan Rp12 Juta Tanpa Agunan, Cair Dalam 5 Menit

Menurut Dandim, peta politik di Kabupaten Tegal sejauh ini kondusif. Tidak ada penonjolan yang berarti. Entah Pilkades, maupun Pileg, Pilpres dan Pemilukada.

Meski demikian, Dandim tetap mewanti-wanti kepada para Babinsa dan Prajurit Kodim untuk tetap waspada. Babinsa harus selalu memberikan edukasi terhadap masyarakat supaya tidak terprovokasi berita hoak.

"Maka dari itu, kita membuat tagline TNI Balane Dewek. Artinya, TNI dan masyarakat adalah teman sendiri. Sehingga kita tidak terpisahkan," kata Dandim menjelaskan.

Selain memberikan pengarahan soal politik, Dandim juga melaksanakan cek kesehatan terhadap prajuritnya. Pihaknya juga menghadirkan General Manager Radar Tegal M. Sekhun untuk memberikan edukasi kepada para Babinsa soal informasi dan berita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id