Ternyata, Malnutrisi Bisa Sebabkan IQ Rendah

Ternyata, Malnutrisi Bisa Sebabkan IQ Rendah

KELAS BUMIL - Ibu hamil sedang mengikuti kelas bumil tentang stunting.Foto: Siti Maftukhah/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Ibu hamil di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang. Mengikuti kelas bumil, membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan. Diantaranya malnutrisi kronis yang efeknya bisa seumur hidup. 

Dwi Rini Kurniasari AMd Keb, bidan Desa Wanarata mengatakan, stunting pada anak menjadi perhatian serius hingga kini. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan stunting. Malnutrisi kronis yang disebabkan infeksi berulang, pemberian makanan yang buruk dan nutrisi yang tidak mencukupi. Berakibat IQ rendah, efeknya seumur hidup sehingga ibu hamil harus memperhatikan hal tersebut. 

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023

"Cegah stunting dengan memberikan nutrisi seimbang pada ibu dan bayi," katanya.

Selain itu, berikan inisiasi menyusui dini, berikan ASI eksklusif selama enam bulan, dan dilanjutkan hingga 2 tahun ditambah makanan pendamping ASI. 

Kukuh Raharso, penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang menjelaskan, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan, akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, sehingga panjang atau tinggi badannya dibawah standar.

BACA JUGA:Tahukah Anda Mengenai Syarat Dan Cara Pengajuan KUR BRI 2023 Bagi UMKM, Berikut Penjelasannya

"Secara umum stunting dapat berdampak pada dua kondisi perawakan pendek, kerusakan struktur dan gangguan fungsi otak," ujarnya. 

Dengan memahami ini, ibu hamil untuk dapat memperhatikan kehamilannya sejak awal, sehingga stunting dapat di cegah dan diatasi.

BACA JUGA:KUR BNI 2023, Pinjaman Bunga Rendah dengan Limit Hingga Rp500 Juta, Cek Syarat dan Cara Mengajukannya! 

"Perhatikan nutrisi selama kehamilan sampai melahirkan serta menyusui, agar bayi tumbuh normal sesuai usianya," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id