Ini Dia 5 Menu dan Cara Menerapkan Diet Untuk Anak Obesitas Yang Aman!

Ini Dia 5 Menu dan Cara Menerapkan Diet Untuk Anak Obesitas Yang Aman!

Ini Dia 5 Menu dan Cara Menerapkan Diet Untuk Anak Obesitas Yang Aman! -pexel.s-

DISWAY JATENG - Cara menerapkan diet ini perlu anda ketahui untuk anak obesitas yang aman. Kondisi berat badan yang berlebihan pada anak perlu diwaspadai dan segera anda tangani salah satunya dengan cara menerapkan diet.

Pasalnya jika dibiarkan, akan menimbulkan masalah kesehatan pada anak seperti hipertensi, pubertas dini, stroke, jantung, dan perkembangan tulang.

Lantas bagaimana cara menerapkan yang aman untuk anak obesitas? berikut penjelasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber termasuk website Siloam.

Apakah diet pada anak itu aman?

Diet adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing individu. Jadi diet tidak selalu bertujuan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, untuk mengatur pola makan yang sehat dengan gizi seimbang.

Begitu pula dengan diet pada anak yang obesitas, selain menurunkan berat badan juga untuk menghindari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh berat badan berlebih. Perlu digarisbawahi bahwa cara menentukan diet pada anak itu berbeda dengan orang dewasa. Hal ini karena anak-anak itu masih dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Jadi saat membutuhkan gizi yang seimbang untuk mendukung proses tumbuh kembangnya, oleh karena itu jangan dibatasi tanpa kalkulasi kecukupan gizi secara terperinci, nutrisi yang dibutuhkan anak tidak akan tercukupi. Oleh karenanya diet pada anak harus dilakukan secara bertahap dan dengan memperhatik makanan yang dikonsumsi .

Cara ditentukan oleh kapasitas yang aman cara mengatasi obat obesitas pada anak itu berbeda-beda tergantung dari usia dan kesehatan anak. Terkait penurunan berat badan pada anak dengan obesitas adalah 0,5-2kg per bulan atau cukup dengan tidak menambah berat badan karena proses pertumbuhannya masih berlangsung.

Selain dari pengaturan asupan makanan, cara diet pada anak-anak juga perlu dilakukan dengan perubahan pola hidup. Seperti, meningkatkan aktivitas fisik yaitu olahraga secara rutin.

Berikut masing-masing penjelasannya

1. Pengaturan asupan makanan

Orang tua perlu mengajarkan cara mengendalikan rasa lapar. Kemudian hindari makan dan memaksa anak untuk terus makan ketika ia sudah merasa kenyang. Di samping itu orang tua juga perlu berkonsultasi dengan dokter tentang asupan makanan yang tepat dengan kondisi si anak.

Selain itu, perlu batasi asupan kalori dengan cara mengurangi konsumsi makanan berlemak atau mengandung karbohidrat. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan serat dan minum air putih yang cukup banyak.

Berikut tips diet yang aman untuk diterapkan dalam membatasi asupan makan pada anak obesitas sebagai berikut:

1. Makan dengan teratur tiga kali sehari dan konsumsi camilan sehat atau buah-buahan seperti apel dan pir.

2. Hindari buah yang tinggi kalori seperti mangga.

3. Ajarkan anak untuk lebih banyak konsumsi air putih.

4. Kurangi asupan makanan siap saji.

5. Batasi minum susu dalam per hari bagi anak usia di atas 2 tahun diperlukan 500 ml. Ganti jenis susu yang sebelumnya full cream jadi susu rendah lemak.

6. Jangan sampai melewatkan sarapan.

7. Hindari kebiasaan memberikan hadiah makanan ketika anak menyelesaikan sesuatu.

8. Ajarkan anak untuk jangan makan sambil nonton TV atau bermain gadget.

 

2. Pengaturan Aktivitas Anak

Selain mengatur pola makan, juga perlu mengatur kegiatan atau aktivitas anak jadi pastikan anak untuk aktif bergerak setidaknya selama 1 jam perhari.

Mengajak anak untuk melakukan kegiatan di luar ruangan seperti bersepeda, jalan-jalan, ataupun berenang.

Kebiasaan aktivitas berbaring atau duduk terlalu lama, hal ini dapat anda batasi. Dengan kebiasaan screen time pada gadget maupun televisi pasalnya kegiatan tersebut membuat anak tidak melakukan apa-apa selama berjam-jam.

Anda juga dapat memberikan hadiah ketika anak selesai melakukan aktivitas fisik agar anak termotivasi dan dapat mendukung program diet ini.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Buah Merah Rendah Kalori yang Dapat Menurunkan Berat Badan, Ampuh untuk Diet!

Pilihan makanan diet untuk anak obesitas beberapa pilihan menu diet yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan pada anak

1. Dada Ayam

Menu ini masuk ke dalam salah satu menu diet karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Namun jika ingin memberikan dada ayam pastikan untuk tidak memberikan kulitnya. Karena kulit ayam itu mengandung lemak yang dapat memicu berat badan menambah pertumbuhan berat badan.

2. Ikan Salmon

Sama dengan dada ayam, ikan salmon juga mengandung protein dan asam lemak. selain itu, mengandung omega 3 sehingga dapat membuat anak ini merasa kenyang lebih lama. konsumsi ikan salmon secara rutin ini dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan anak loh.

3. Telur

Pilihan menu diet selanjutnya adalah telur. Namun, jangan memakai telur goreng ya lebih baik yaitu telur rebus untuk sarapan. Hal ini karena akan membuat perut terasa lebih kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Hal ini manfaatnya diperoleh dari kandungan protein dan lemak yang tinggi dalam telur.

4. Kentang

Menu kentang ini dapat menjadi pengganti nasi untuk menjalankan program diet pada anak yang obesitas. Hal ini dikarenakan kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat anak merasakan yang lebih lama.

Tak hanya itu, kentang juga memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, mengandung serat dan protein yang baik untuk menurunkan berat badan. Sajikan kentang ini dengan cara direbus atau diolah menjadi message potato sebagai makan siang atau malam.

5. Sereal Gandum

Ide menu diet selanjutnya adalah sereal gamdum yang dicampur dengan susu anak yang rendah lemak. Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat anak kenyang lebih lama jadi dapat membantu menurunkan keinginannya untuk makan di luar jadwal makannya.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Buah Merah Rendah Kalori yang Dapat Menurunkan Berat Badan, Ampuh untuk Diet!

Itulah tadi cara bagaimana diet pada anak dan menunya. Untuk mengetahui lebih jelas dan tepat Anda dapat datang ke konsultasi dengan dokter terdekat. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: