Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat Bilang Jika Bantuan Alsintan Harus Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat Bilang Jika Bantuan Alsintan Harus Tingkatkan Produktivitas Pertanian

MENYERAHAN - Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat saat menyerahkan alsintan secara simbolis. Foto : Agus Pratikno/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian. Karena dengan menggunakan alsintan ini bisa menurunkan biaya operasionalnya. Sehingga nantinya dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat petani.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian secara simbolis di Aula Dinas Pertanian.

Mansur lebih lanjut mengatakan bantuan Alsintan Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pemalang ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pertanian Tahun Anggaran 2023. Oleh karena itu, dia berharap dan berpesan agar Alsintan tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik - baiknya. Termasuk juga agar dirawat sehingga alsintan itu akan awet.

Menyinggung soal perawatan alsintan sendiri Mansur kata Mansur, yang penting petani di ajari terlebih dahulu. Yaitu bagaimana cara merawat dan mengoperasikanya. Karena menurutnya jika alat mesin pertanian itu  di rawat pasti akan bertahan lama. Pihaknya juga menyarankan agar mereka bisa menggunakan biosaka atau pupuk organik.

 "Kita itu, harus berinovasi, jangan berketergantungan dengan pupuk kimia,"ujarnya .

Disebutkan bahwa ada beberapa manfaat terkait penggunaan pupuk organik, selain biaya lebih murah dan tanah sehat, semua bahanya juga ada di sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id