KEREN! Awali Ops Zebra Dengan Giat Humanis, Sat Lantas Polres Tegal Bagi-bagi Coklat dan Beras

KEREN! Awali Ops Zebra Dengan Giat Humanis, Sat Lantas Polres Tegal Bagi-bagi Coklat dan Beras

Wakapolres Tegal Kompol Johan Valentino Naruru SIK SH didampingi Kasat Lantas membagikan helm anak bagi pengendara yang tertib berkendara berikut kelengkapannya, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG  -  Giat humanis dilakukan jajaran Sat Lantas Polres Tegal,  Operasi Zebra Candi 2023 yang digelar serentak mulai tanggal 14 September hingga 17 September 2023. 

Usai gelar upacara penyematan pita, giat edukasi berupa pembagian brosur, coklat, tempat minum, hingga beras dilakukan personil Sat Lantas  di halaman depan Mapolres. Bahkan bagi pengguna motor yang kedapatan belum membayar pajak tahunan, dipersilahkan membayar melalui mobil Samsat yang disiagakan di lokasi .

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Wakapolres Kompol Johan Valentino Naruru SIK SH  didampingi Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH menyatakan pihaknya menargetkan penertiban untuk sembilan pelanggaran lalu lintas.

BACA JUGA:Cara Cek Penerima Bansos PKH Lewat HP dan Besaran Bantuan yang Diterima

"Sembilan pelanggaran tersebut mulai dari pengendara yang terindikasi narkoba, pengendara kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memakai sabuk pengaman, pemotor tidak pakai helm SNI , melawan arus, pelanggaran APIL rambu dan marka,  menggunakan ponsel saat mengemudi, pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, hingga knalpot tidak standar," ujarnya Senin 4 September 2023.

Pihaknya menegaskan tindakan yang akan diupayakan tetap preemtif, preventif, dan humanis. Erwin  juga menegaskan selain Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), penindakan penilangan manual tetap berlaku. 

BACA JUGA:Ini 8 Cara Untuk Mendaftar Bansos 2023 Secara Online, Praktis Hanya Lewat Hp!

"Tilang manual untuk pelanggaran tertentu. Untuk giat hari ini kita edukasi para mengguna ranmor  untuk tertib diri. Baik tertib kendaraan yang digunakannya, maupun tertib surat - surat kelengkapannya. Bagi yang tertib kedua - duanya kita beri apresiasi dengan hadiah coklat, mug tempat minum , hingga paket beras," cetusnya.

Operasi Zebra Candi tersebut, lanjut Erwin , bertujuan mengurangi pelanggaran dan menurunkan angka kecelakaan. Selain itu juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. 

BACA JUGA:Ini Kabar Gembira Di Bulan Juli 2023! Simak Baik-Baik Bagi Penerima Bansos PKH dan BPNT

"Ada target, menurunkan angka pelanggaran, itu yang pertama, yang kedua bagaimana kita bisa menurunkan peristiwa kecelakaan dan yang ketiga bagaimana kita meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas demi keselamatan. Dan yang keempat adalah menciptakan trust publik terhadap Polri melalui tindakan preventif, preemtif, dan humanis," ungkapnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id