Membanggakan! PPG UPS Tegal Adakan Seminar Nasional

Membanggakan! PPG UPS Tegal Adakan Seminar Nasional

SEMINAR NASIONAL - Program Pendidikan Profesi Guru Universitas Pancasakti Tegal menggelar Seminar Nasional PPG 2023. Foto : Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menggelar Seminar Nasional PPG 2023 dengan tema Strategi Peningkatan Profesional Guru yang Beretika, Bernilai Pancasila, dan Kreatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan ini diikuti 300 peserta mulai dari dosen PPG dan mahasiswa PPG Pra Jabatan angkatan 1 dan 2. 

Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber Wakil Rektor 1 dan Pakar Pendididikan Prof Dr Purwo Susongko MPd, Direktur Pascasarjana dan Pakar Pendidikan Prof Dr Siti Hartinah DS MM, Ketua Nasional UKM PPG Dr Subanji MSi,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah SPd MPd.

Ketua Panitia Syamsul Anwar MPd melaporkan tujuan dari kegiatan ini untuk mewadahi, memfasilitasi dan membekali guru profesional agar menjadi guru yang Beretika, bernilai Pancasila dan kreatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Direktur Program Profesi Dr Beni Habibi MPd menyampaikan seminar ini diharapkan dapat memberikan banyak wahana, wacana, dan warna pengetahuan dan keilmuan yang baru sehingga dapat memberikan motivasi untuk berkreasi dan berkarya bagi para guru professional dan dosen ataupun profesi lainnya baik di lingkup kemenristekdikti dan/ataupun lingkup lainnya.

Prof Dr Siti Hartinah DS MM menjelaskan materi Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Yang Beretika, Bernilai Pancasila, dan Kreatif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari permasalahan, daya saing, pengembangan, hakikat serta strategi menjadi guru profesional.

Prof Dr Purwosusonko MPd juga menyampaikan selama ini dikenal taksonomi tujuan belajar melalui tiga ranah yaitu kognitif, afektif, psikomotorik. Prof Purwo mengabdosi lima elemen manusia menurut filsafat Jawa kuno menjadi lima ranah tujuan pembelajaran yaitu, kesadaran, persepsi, kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Ketua Nasional UKM PPG Dr Subanji MPd menjelaskan tentang Penyiapan Guru Profesional Dalam Tantangan Pendidikan Di Revolusi Industri 40, mulai dari ancaman pendidikan, tugas keprofesian guru serta kompetensi lulusan PPG.

Caridah SPd MPd juga memaparkan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka mulai dari konsep, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi Kurikulum Merdeka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id