5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, No 2 Cocok untuk Asam Urat

5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, No 2 Cocok untuk Asam Urat

5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, No 2 Cocok untuk Penyakit Asam Urat-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDBuah leci sering kita lihat ketika menjadi hiasan atau makanan pelengkap pada kue ulang tahun maupun yang lainnya. Tetapi apakah kalian sudah tahu jika buah ceri sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Buah ceri juga memiliki bentuk yang kecil akan tetapi sangat besar manfaatnya untuk kesehatan, hal tersebut karena buah ceri memiliki kandungan nutrisi yang berperan penting dalam tubuh kita. Dimana buah ceri merupakan tanaman berbiji yang berasal dari belahan Utara dan tumbuh subur di iklim hangat, bahkan buah ini biasanya digunakan untuk hiasan pada kue.

Buah ceri digolongkan menjadi dua jenis, yakni ceri manis dan asam. Dimana buah ceri asam mempunyai kandungan kalori lebih rendah dibanding ceri manis, akan tetapi kandungan vitamin C dan beta karoten pada ceri manis lebih tinggi.

Kandungan dalam buah ceri yakni seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, mineral anthocyanin dan sebagainya. Dimana kandungan anthocyanin pada buah ceri juga berkhasiat untuk mengatur detak jantung seseorang serta menjaga waktu tidur.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, No 5 Bagus untuk Mata

Berikut 5 manfaat buah ceri, antara lain:

1. Dapat Menjaga Berat Badan dan Penyakit Serius

Untuk manfaat buah ceri yang pertama yakni berasal dari kandungan seratnya, dimana dapat menurunkan berat badan dan mengurangi risiko diabetes juga penyakit jantung.

Bahkan serat pada buah ceri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mengontrol kadar kolesterol, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit kanker kolorektal.

Sedangkan kandungan fitokimia pada buah ceri mampu melindungi tubuh terhadap enzim tertentu, yakni yang menyebabkan peradangan sehingga mampu mengurangi rasa sakit pada kondisi radang sendi dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sedangkan zat fitokimia tersebut juga dapat mengurangi risiko kanker sebanyak 40 persen, yakni dengan cara menghentikan kerusakan sel akibat zat pemicu kanker.

2. Bisa Mengurangi Rasa Sakit Karena Asam Urat

Bagi para pengidap asam urat dan sering mengeluhkan rasa nyeri yang menyiksa ketika kambuh, maka salah satu manfaat buah ceri yaitu dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat tersebut.

Bahkan selain buahnya ternyata daun ceri dapat digunakan dengan cara merebus daun bersama air, yakni selama beberapa menit lalu dinginkan dan saring airnya kemudian diminum secara rutin setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: