Adakan Bimtek Unit Pengelola Zakat SMP Negeri Kabupaten Tegal

Adakan Bimtek Unit Pengelola Zakat SMP Negeri Kabupaten Tegal

BEKAL - Plt Kepala Dinas Dikbud bersama pengurus Baznas Kabupaten Tegal membekali kepala SMP Negeri se-Kabupaten Tegal. Foto : Hermas Purwadi/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, SLAWI - Bertempat di Aula Dinas Dikbud, bimtek  Unit Pengelola Zakat SMP  Negeri se-Kabupaten Tegal digulirkan. 

Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Fakihurochim SSos MM menyatakan, melalui bimtek ini diharapkan setiap UPZ  memahami regulasi, tata kerja UPZ dan dapat menyelenggarakan tugas pokok.  Serta  fungsi sebagai UPZ Baznas Kabupaten Tegal. Harapannya, dengan diselenggarakan bimtek dapat tercapai tujuan dari pembentukan UPZ. Yakni dapat menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang zakat, melaksanakan pengumpulan zakat, melakukan pendataan dan layanan muzakki, melaksanakan penyerahan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ), Bukti Setor Zakat (BSZ).

“Serta menyusun pelaporan kegiatan pengumpulan, dan dapat melaksanakan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Tegal KH Rofik menyatakan, tugas UPZ  adalah membantu Baznas dalam melakukan pengumpuilan zakat pada institusi yang bersangkutan. 

"Sementara untuk fungsinya diantaranya melakukan sosialisasi dan edukasi zakat, pengumpulan zakat, pendataan dan layanan muzaki,  penyerahan NPWZ dan BSZ yang diterbitkan BAZNAS, hingga membantu  penyaluran dana ZIS jika  diperlukan," cetusnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: