Sejarah Singkat KAWS Holiday Bersanding Candi Prambanan Yang Ekostis

Sejarah Singkat KAWS Holiday Bersanding Candi Prambanan Yang Ekostis

--instagram.com/joeadimara_

DISWAY JATENG.ID Candi Prambanan, salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Yogyakarta, menjadi saksi bisu dari pameran seni kontemporer yang menarik perhatian banyak orang. Sebuah instalasi berupa patung balon raksasa berwarna merah muda yang sedang tertidur di samping candi menjadi daya tarik utama dari pameran yang bertajuk KAWS Holiday. 

Berikut akan kami paparkan sejarah singkat KAWS Holiday hingga dapat bersanding dengan Prambanan yang begitu memukau. 

 

KAWS Holiday adalah sebuah pameran tur dunia yang diselenggarakan oleh seniman terkenal asal New Jersey: Brian Donnelly, yang lebih dikenal dengan nama KAWS. Pameran ini telah berkeliling ke berbagai negara, termasuk Seoul, Taipei, Hong Kong, dan yang terbaru saat ini di Indonesia. 

Pameran ini menampilkan instalasi berupa patung balon raksasa yang berbentuk karakter ciptaan KAWS, seperti Companion, BFF, Chum, dan Accomplice. Patung-patung ini biasanya diletakkan di tempat-tempat terbuka yang memiliki latar belakang menarik, seperti sungai, pantai, taman, atau bangunan bersejarah. Tujuan dari pameran ini adalah untuk mengajak orang-orang untuk berhenti sejenak dari kesibukan mereka dan menikmati karya seni yang unik dan menawan. 

 

KAWS Holiday pertama kali dimulai pada tahun 2018 di Seoul, Korea Selatan. Saat itu, KAWS bekerja sama dengan AllRightsReserved (ARR), sebuah perusahaan kreatif asal Hong Kong yang bergerak di bidang seni dan budaya. Mereka memasang patung Companion sepanjang 28 meter di Seokchon Lake Park. Pameran ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan media. 

 

Setelah itu, KAWS Holiday melanjutkan perjalanannya ke Taipei, Taiwan pada tahun 2019. Kali ini, mereka memilih patung Companion dalam posisi duduk dengan tangan menutup mata. Patung ini ditempatkan di Chiang Kai-shek Memorial Hall, sebuah monumen nasional yang didedikasikan untuk mantan presiden Taiwan. Pameran ini juga menarik banyak pengunjung dan penggemar KAWS. 

Pada tahun yang sama, KAWS Holiday mengunjungi Hong Kong dan Tokyo. Di Hong Kong, mereka memamerkan patung Companion yang sedang berbaring di atas perahu di Victoria Harbour. Patung ini dapat dilihat dari berbagai sudut kota dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di Tokyo, mereka memilih patung BFF yang berwarna biru dan memiliki bulu lebat. Patung ini dipajang di Hara Museum of Contemporary Art, sebuah museum seni modern yang terletak di sebuah gedung bersejarah. 

 

Pada tahun 2020, KAWS Holiday mengadakan pameran di Bristol, Inggris; Singapura; Gunung Changbai, China; dan Melbourne, Australia.  

Di Bristol Inggris, mereka memasang patung Companion dalam posisi jongkok di College Green, sebuah taman publik di depan gedung balai kota.  

Sedangkan di Singapura, mereka menampilkan patung Companion dalam posisi tidur di Marina Bay Sands Observation Deck, sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan kota yang spektakuler. 

 

Di Gunung Changbai, mereka memajang patung Companion dalam posisi berdiri di tengah salju putih. Dan di Melbourne, mereka memilih patung Chum yang berbentuk Mickey Mouse dengan mata silang. Patung ini diletakkan di Federation Square, sebuah pusat kebudayaan dan hiburan di kota tersebut. 

 

Pada tahun 2021, KAWS Holiday melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya yaitu meluncurkan karyanya ke luar angkasa. Mereka bekerja sama dengan Space Perspective, sebuah perusahaan yang menyediakan penerbangan balon ke stratosfer. Mereka mengirimkan patung Companion dalam posisi tidur ke ketinggian 41,5 km di atas permukaan bumi. Patung ini dapat dilihat melalui live streaming dan menjadi pameran seni pertama yang dilakukan di luar angkasa. 

 

Dan pada akhirnya, Indonesia menjadi lokasi ke-10 yang disambangi oleh KAWS. Pameran ini berlangsung dari tanggal 19 hingga 31 Agustus 2023 di Candi Prambanan. Karya yang dipamerkan adalah Accomplice, salah satu karakter ikonik ciptaan KAWS yang pertama kali muncul sebagai figur vinyl pada 2002. Accomplice memiliki panjang 45 meter dan tinggi 15 meter. Ia tampak seperti seekor kelinci dengan mata berbentuk silang dan telinga panjang. 

 

 

Menurut KAWS, pameran ini bertujuan untuk menjadi tempat bagi orang untuk berhenti sejenak dan menikmati karyanya. Ia juga mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh keindahan dan sejarah Candi Prambanan sebagai latar belakang instalasinya. Ia berharap bahwa pameran ini dapat menggoda imajinasi pengunjung dan memberikan pengalaman baru tentang melihat perpaduan antara arsitektur kuno dengan seni kontemporer. 

 

Bagi Anda yang ingin menyaksikan pameran ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Candi Prambanan, yaitu Rp50 ribu untuk dewasa dan Rp25 ribu untuk anak-anak. Untuk wisatawan mancanegara, tiket masuknya adalah Rp375 ribu untuk dewasa dan Rp225 ribu untuk anak-anak. Pameran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat karya seni unik dan menawan dari KAWS Holiday di Candi Prambanan. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan inspirasi atau hiburan dari KAWS Holiday ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: