PQN 2023 di Tegal Meriah, Peserta Tembus 10 Ribu Orang

PQN 2023 di Tegal Meriah, Peserta Tembus 10 Ribu Orang

MERIAH - PQN 2023 yang digelar KPw BI Tegal di Rita Mall Tegal berlangsung meriah. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, TEGAL - Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 yang digelar di Rita Mall Kota Tegal berlangsung sangat meriah. Kegiatan ini merupakan agenda Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal yang bertujuan untuk memperluas akseptasi masyarakat terhadap pembayaran digital khususnya QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard.

Jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut mencapai 10 ribu orang. Termasuk 17 UMKM binaan BI Tegal yang hadir memeriahkan acara tersebut.

Pejabat Setingkat Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Tegal, Marwadi mengatakan, Pekan QRIS Nasional ini diwarnai dengan berbagai aktivitas. Mulai dari sosialisasi edukasi QRIS, show case QRIS, bazaar UMKM, senam bersama, lomba-lomba dan hiburan.

Sosialisasi dilakukan kepada komunitas sepeda, aparat penegak hukum (Satbrimob), guru, pelajar SLTA, pondok pesantren, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya.

Marwadi menjelaskan, kegiatan ini juga sekaligus untuk memeriahkan HUT ke+78 Kemerdekaan RI. PQN 2023 yang dipusatkan di Rita Mall Tegal ini merupakan puncak acara karena sebelumnya BI juga menggelar PQN di Kabupaten Tegal, Pekalongan dan Brebes.

"Saat ini jumlah merchant QRIS di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan sudah mencapai 355 ribu. Jumlah ini meningkat sebesar 63 persen (yoy)," kata Mawardi, di sela-sela penutupan PQN 2023 di Rita Mall Tegal, Minggu (20/8) malam.

Dia mengungkapkan, volume transaksi QRIS pada Juni 2023 mencapai Rp652 ribu transaksi atau meningkat 23 persen (ytd). Dari segi pengguna, jumlah pengguna baru QRIS di Jawa Tengah sudah mencapai 4,1 juta. Jumlah ini meningkat 120 persen (yoy).

“Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan inovasi fitur-fitur QRIS," sambungnya.

Dia menambahkan, pada 17 Agustus 2023 yang bertepatan dengan HUT RI ke-78, Bank Indonesia juga meluncurkan fitur baru QRIS, yakni QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai).

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan transfer dana antarpengguna QRIS, serta tarik tunai dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), atau agen QRIS TUNTAS.

"Layanan QRIS TUNTAS akan mulai dioperasikan pada 1 September 2023," ucapnya.

Mawardi menyatakan bahwa Bank Indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk memperluas akseptasi QRIS.

Diharapkan, kegiatan PQN 2023 ini dapat menjadi pemantik bagi masyarakat agar semakin terbiasa menggunakan QRIS untuk bertransaksi.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi-edukasi QRIS guna meningkatkan akseptasi digital di masyarakat yang akhirnya dapat mendorong perekonomian digital di Indonesia," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: