Perlu Diwaspadai, Berikut 10 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Yang Harus Diketahui

Perlu Diwaspadai, Berikut 10 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Yang Harus Diketahui

Ilustrasi sakit kepala--Pexels/Andrea Piacquadio

DISWAYJATENG.ID - Nyeri pada bagian kepala kiri bisa memunculkan sensasi tegang, rasa tajam, atau denyutan. Gejala ini mungkin berkembang perlahan atau muncul secara tiba-tiba.

Rasa sakit ini bahkan dapat menyebar hingga ke leher, belakang mata, atau bagian gigi. Biasanya, sakit kepala ini akan mereda dalam beberapa jam, dan Anda tidak perlu khawatir.

Namun, jika nyeri kepala pada sisi kiri begitu parah atau tidak kunjung reda, ini bisa menandakan adanya masalah yang lebih serius.

Lalu, apa saja yang menjadi pemicu dari sakit kepala pada sisi kiri ini?

1. Stres

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan stres, dan setiap individu dapat merasakan stres karena alasan yang berbeda. 

Ketika seseorang mengalami stres, tubuhnya melepaskan zat kimia sebagai respons terhadap situasi "melawan atau lari". 

Zat kimia ini dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan mengganggu aliran darah, yang keduanya bisa menjadi faktor pemicu dari migrain pada sisi kiri.

BACA JUGA:Kebiasaan yang Dapat merusak Jantung, Nomer 4 Sering di Lakukan

2.  Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang intens dan biasanya disertai gejala lain seperti mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya atau suara. 

Penyebab migrain belum sepenuhnya dipahami, tetapi ada beberapa faktor yang diyakini dapat memicu atau berkontribusi pada serangan migrain.

Nyeri kepala yang berdenyut pada sisi kiri bisa dimulai di sekitar mata atau pelipis, dan kemudian menyebar ke seluruh area kepala.

Migrain yang terjadi baik pada sisi kiri atau kanan kepala dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu seperti stres, fluktuasi hormon, kurang atau terlalu banyak tidur, paparan cahaya terang atau berkedip, serta bau tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber