4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

Manfaat buah apel untuk kesehatan-James Yarema-unsplash

DISWAY JATENG – Manfaat buah apel telah dikenal masyarakat luas sejak dahulu. Berbagai penelitian ilmiah juga telah dilakukan untuk mengungkapkan manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi buah apel.

Buah yang lezat itu telah terbukti secara ilmiah memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Selain itu juga ada antioksidan, dan serat yang memberikan dampak positif pada berbagai aspek kesehatan.

Buah dengan tekstur yang renyah dan rasanya yang asam manis itu juga mampu melancarkan pencernaan dan membantu mengontrol berat badan hingga mendukung kesehatan jantung.

Manfaat buah apel juga untuk pengaturan gula darah, bahkan fungsi paru-paru. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat buah apel, berikut ulasannya:

1. Kesehatan Pencernaan

Buah apel memiliki kandungan seratnya yang luar biasa. Apel berukuran sedang menyediakan sekitar 4 gram serat makanan, menjadikannya berharga dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

BACA JUGA:Inilah Daftar Manfaat-Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

BACA JUGA:5 Cara Perawatan Kecantikan Bagi Para Remaja

 

Selain itu, zat pektin (serat larut), ditemukan berlimpah di kulit apel, yang berfungsi sebagai prebiotik. Zat pektin bisa membantu mengendalikan berat badan, menurunkan risiko kanker usus besar, hingga mengendalikan gula darah.

Kandungan serat yang tinggi pada apel juga berkontribusi pada rasa kenyang. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat seperti apel dapat membantu mengontrol berat badan dengan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Memasukan apel ke dalam menu makanan Anda, dapat membantu mengurangi makan berlebihan sehingga mampu mengontrol makanan dan seimbang.

2. Kesehatan Jantung  dan Antikosidan Alami

Apel penuh dengan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menangkal stres oksidatif dan melindungi sel dari kerusakan. Kombinasi polifenol, flavonoid, dan fitokimia dalam apel dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama kondisi kardiovaskular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: