Ini Dia 5 Olahraga yang Paling Cocok Buat Atasi Stres, Catat!

Ini Dia 5 Olahraga yang Paling Cocok Buat Atasi Stres, Catat!

Ilustrasi Olahraga yang Paling Cocok Buat Atasi Stres--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Banyaknya pekerjaan di kantor bikin stres? Jangan sampai stres jadi mengganggu kesehatan tubuhmu. Ada banyak cara untuk menghilangkan stres.

Salah satunya dengan berolahraga. Nyatanya, olahraga tidak hanya bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan fisik, tapi juga mental.

Olahraga dapat memperbaiki suasana hati, membantu seseorang berperilaku tenang, mengurangi stres, bahkan mengatasi gejala depresi ringan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 olahraga paling cocok untuk atasi stres:

1. Yoga

Yoga adalah suatu bentuk latihan fisik dan mental yang berasal dari India.

Praktik yoga melibatkan serangkaian gerakan tubuh (asana), pernapasan khusus (pranayama), dan meditasi untuk mencapai keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

Ini adalah bentuk olahraga yang sangat bermanfaat untuk mengatasi stres karena:

Peregangan dan Kekuatan

Gerakan dalam yoga membantu merenggangkan otot-otot yang tegang dan membangun kekuatan pada area tertentu, membantu mengurangi ketegangan fisik yang seringkali terkait dengan stres.

Pernapasan Mendalam

Praktik pernapasan dalam yoga membantu merilekskan sistem saraf dan membawa fokus ke dalam diri sendiri, membantu mengurangi perasaan gelisah.

Meditasi dan Kehadiran Mental

Yoga melibatkan meditasi, yang membantu mengalihkan pikiran dari kekhawatiran masa depan atau masa lalu ke momen sekarang, mengurangi perasaan cemas.

Endorfin

Praktik yoga dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon "bahagia" alami dalam tubuh, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Keseimbangan Emosional

Dengan menghubungkan gerakan fisik, pernapasan, dan meditasi, yoga membantu menciptakan keseimbangan emosional yang dapat membantu mengatasi tekanan dan stres sehari-hari.

2. Lari

Nomor 2 merujuk pada latihan lari. Lari adalah bentuk olahraga kardiovaskular yang melibatkan berlari atau berlari santai dalam jarak tertentu.

Latihan ini memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi stres:

Pelepasan Endorfin

Saat Anda berlari, tubuh melepaskan endorfin, hormon alami yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi perasaan stres.

Pengalihan Pikiran

Aktivitas fisik seperti berlari membantu mengalihkan pikiran dari masalah atau kekhawatiran, memberikan waktu untuk mengosongkan pikiran dan merasa lebih baik secara mental.

Peningkatan Mood

Latihan kardiovaskular seperti lari dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan melepaskan zat kimia seperti serotonin yang berkontribusi pada peningkatan mood dan perasaan positif.

BACA JUGA:Sering Ngantuk Pas Kerja? 6 Cara Ini Ampuh Mengusir Rasa Ngantuk Saat Kerja di Kantor

3. Renang

Renang adalah kegiatan fisik di mana Anda bergerak melalui air dengan menggunakan gerakan tubuh yang teratur. Ini adalah salah satu olahraga yang sangat efektif dalam mengatasi stres dan memiliki manfaat sebagai berikut:

Relaksasi Tubuh

Air memberikan dukungan dan mengurangi tekanan pada otot dan sendi, yang membantu meredakan ketegangan fisik dan mengurangi perasaan stres.

Pernapasan Teratur

Teknik pernapasan dalam renang membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi perasaan gelisah, dan membantu Anda merasa lebih rileks.

Meditasi Alami

Aktivitas berulang seperti gerakan renang dapat berfungsi seperti meditasi alami, membantu meredakan pikiran berlebih dan membawa fokus ke gerakan dan pernapasan Anda.

Peningkatan Mood

Aktivitas fisik dalam air merangsang pelepasan endorfin, yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan stres.

4. Bersepeda

Bersepeda melibatkan pengayuhan sepeda untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain, baik di jalan raya, jalur sepeda, atau dalam ruangan menggunakan sepeda statis.

Olahraga ini memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi stres:

Mengalihkan Pikiran

Bersepeda dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah dan stres sehari-hari, memberikan waktu untuk "mengosongkan" pikiran dan merasa lebih baik secara mental.

Endorfin

Seperti aktivitas fisik lainnya, bersepeda dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon alami yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan stres.

Latihan Kardiovaskular

Bersepeda adalah olahraga kardiovaskular yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh, meningkatkan suasana hati dan memberikan energi.

5. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri yang berasal dari Tiongkok, yang melibatkan gerakan perlahan, meditasi dalam gerakan, dan fokus pada pernapasan. Ini adalah bentuk olahraga yang sangat cocok untuk mengatasi stres dengan berbagai manfaat, termasuk:

Relaksasi

Gerakan perlahan dan terkontrol dalam Tai Chi membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan rasa relaksasi dalam tubuh.

Konsentrasi dan Kehadiran

Latihan Tai Chi melibatkan fokus penuh pada gerakan dan pernapasan, membantu mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dan meningkatkan kehadiran mental.

Pernapasan Dalam

Teknik pernapasan dalam Tai Chi membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, dan memberikan efek menenangkan.

Keseimbangan dan Fleksibilitas

Gerakan yang melibatkan perpindahan berat badan dan perubahan posisi membantu meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber