Selain Dianjurkan, Inilah 4 Manfaat Membaca Doa Sebelum Tidur Secara Umum

Selain Dianjurkan, Inilah 4 Manfaat Membaca Doa Sebelum Tidur Secara Umum

Ilustrasi Manfaat Membaca Doa Sebelum Tidur--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Setiap umat beragama khususnya muslim, dianjurkan untuk membaca doa setiap kali hendak beraktivitas. Termasuk ketika hendak tidur.

Membaca doa sebelum beraktivitas dilakukan agar mendapat pahala atau keberkahan dari Allah SWT. Berdoa juga dimaksudkan agar seseorang dilindungi oleh Allah dalam setiap menjalankan aktivitas. Tak terkecuali saat membaca doa sebelum tidur.

Membaca doa sebelum tidur adalah hal yang penting dilakukan. Sebaiknya, kebiasaan membaca doa ini juga diajarkan ke anak-anak.

Secara umum, ada beberapa manfaat berdoa sebelum tidur. Penasaran apa saja manfaatnya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat membaca doa sebelum tidur:

1. Meredakan stres dan kegelisahan

Manfaat pertama dari berdoa sebelum tidur adalah membantu meredakan stres dan kegelisahan.

Ketika Anda berbicara dengan Tuhan atau merenungkan hal-hal positif dalam doa, otak Anda dapat merespons dengan melepaskan hormon yang menenangkan seperti endorfin dan oksitosin.

Hal ini dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan membawa perasaan ketenangan, yang pada gilirannya membantu Anda lebih rileks dan lebih siap untuk tidur.

Doa juga dapat menjadi cara untuk melepaskan pikiran yang mengganggu dan memungkinkan Anda mengosongkan pikiran sebelum tidur, yang berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

2. Memberikan waktu untuk merenung, bersyukur, dan mengarahkan pikiran pada hal-hal positif

Manfaat kedua dari berdoa sebelum tidur adalah memberikan waktu untuk merenung, bersyukur, dan mengarahkan pikiran pada hal-hal positif.

Dalam doa, Anda dapat merefleksikan peristiwa dan pencapaian hari itu, mengidentifikasi hal-hal yang patut disyukuri, serta merenungkan pelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut.

Ini membantu Anda melihat sisi baik dalam hidup Anda, meningkatkan rasa optimisme, dan mengurangi kecenderungan untuk fokus pada masalah atau kekhawatiran.

Melalui doa, Anda dapat mengendalikan arah pikiran Anda menuju hal-hal yang menginspirasi dan membangun semangat, yang pada akhirnya dapat memengaruhi suasana hati Anda sebelum tidur dan tidur yang lebih nyenyak.

BACA JUGA:Sangat Penting! Inilah 5 Manfaat Sikat Gigi di Malam Hari Sebelum Tidur

3. Memperkuat hubungan dengan Tuhan

Manfaat ketiga dari berdoa sebelum tidur adalah memperkuat hubungan dengan Tuhan atau kekuatan spiritual lainnya. Doa merupakan cara untuk berkomunikasi dengan dimensi spiritual dalam kehidupan Anda.

Dengan menghabiskan waktu untuk berdoa sebelum tidur, Anda membangun dan memelihara hubungan dengan keyakinan atau nilai-nilai spiritual yang Anda pegang.

Ini dapat memberikan rasa koneksi yang mendalam dan mengingatkan Anda akan tujuan hidup yang lebih besar. Melalui doa, Anda bisa merasa didukung, diberdayakan, dan tidak sendirian dalam perjalanan hidup Anda.

Hubungan spiritual yang kuat dapat memberikan kekuatan dan ketenangan yang dapat membantu Anda menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

4. Membantu memfokuskan pikiran dan membantu Anda merasa lebih baik secara emosional sebelum tidur

Manfaat terakhir dari berdoa sebelum tidur adalah membantu memfokuskan pikiran dan membantu Anda merasa lebih baik secara emosional sebelum tidur.

Dalam momen doa, Anda memiliki kesempatan untuk menenangkan pikiran dari gangguan dan kebisingan sehari-hari. Hal ini membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan yang dapat mengganggu tidur.

Dengan merenungkan kata-kata yang diucapkan dalam doa, Anda menciptakan momen introspeksi yang membantu memahami perasaan dan pikiran Anda lebih baik.

Akibatnya, Anda dapat merasa lebih ringan secara emosional, dan pikiran yang tenang dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber