Semanis Namanya! Berikut Ini 7 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Perhatikan Nomor 7

Semanis Namanya! Berikut Ini 7 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Perhatikan Nomor 7

Beberapa manfaat nanas madu bagi kesehatan anda--

DISWAYJATENG – Salah satu jenis nanas yang sedang poppuler sekarang ini adalah nanas madu. Selain rasanya yang lezat dan segar, ternyata ada banyak manfaat nanas bagi kesehatan mulai dari menurunkan berat Badan sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

Nanas madu atau Ananas comosus (L) Merr merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Nanas madu memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis daripada buah nanas biasa. Buah ini juga memiliki kulit berwarna oranye tua atau merah.

Kandungan Nutrisi Nanas Madu

Satu buah nanas madu memiliki berat sekitar 650 gram. Dalam 100 gram nanas madu terkandung 40 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

1.    0,6 gram protein

2.    15 gram karbohidrat

3.    0,6 gram serat

4.    22 miligram vitamin C dan 90 mikrogram karoten

5.    22 miligram kalsium, 14 miligram fosfor, dan 111 miligram kalium

Tak hanya itu, manfaat nanas madu juga didukung oleh kandungan antioksidan yang tinggi serta beragam mineral penting, seperti zat besi, mangan, dan zinc. Penelitian juga menunjukkan bahwa nanas madu mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat memecah protein dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Melansir dari Yurnila Embisa, dkk, 2018, pengaruh konsumsi nanas (Ananas comosus L. Merr), berikut beberapa manfaat yang anda peroleh dengan mengonsumsi nanas madu.

Manfaat Nanas Madu

Berkat nutrisinya yang melimpah, ada berbagai manfaat nanas madu untuk kesehatan antara lain:

Mencegah flu

Vitamin C yang tinggi dalam nanas madu menjadikan buah ini baik untuk meningkatkan imunitas supaya tubuh tidak mudah sakit. Jika asupan vitamin C harian tercukupi, daya tahan tubuh akan meningkat. Sehingga mudah mencegah dan melawan penyakit seperti flu.

1.    Mengatasi sembelit

Karena tingginya kandungan serat, manfaat nanas madu dalam mengatasi sembelit juga karena dukungan enzim bromelain. Bromelain bekerja dengan cra memecah molekul protein agar lebih mudah bagi usus untuk mencerna dan menyerapnya.

2.    Meredakan diare

Tidak hanya mengatasi sembelit, bromelain dalam nanas madu juga dapat mengurangi gejala diare.bromelain efektif dalam menghambat pelekatan bakteri penyebab diare, seperti E.coli dan V.cholera ke permukaan usus

3.    Mengurangi bengkak dan nyeri

Masih terkait dengan kandungan bromelain, manfaat nanas madu selanjutnya adalah mengurangi bengkak dan nyeri setelah operasi, terutama operasi gigi.

Enzim yang satu ini tak hanya baik untuk saluran cerna, tetapi juga dapat meredakan bengkak, memar dan nyeri baik karena rdang sendi maupun cedera otot.

4.    Mencegah penuaan dini

Radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat membantu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Kondisi seperti ini kita lihat dengan kulit keriput serta flek hitam.

Untuk mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas, anda tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti nanas madu.

5.    Membantu menurunkan berat badan

Nanas madu kaya akan serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, sehingga dapat membantu program penurunan berat badan.

Selain itu, manfaat nanas madu juga dapat mengurangi pembentukan dan meningkatkan pemecahan lemak dalam tubuh.

6.    Membantu penyembuhan luka bakar

Bromelain juga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Enzim ini berperan dalam membantu pemulihan jaringan kulit yang rusak, mengankat sel kulit mati serta meredakan nyeri.

BACA JUGA:Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Nomor 8 Siapa Sangka!

7.    Mencegah serangan jantung

Kandungan antioksidan seperti flafonoid dan fenolik dalam nanas madu dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Antioksidan sendiri mrupakan senyawa dalam makanan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung.

 Itulah beberapa manfaat nanas madu bagi kesehatan. Semogainformasi tersebut bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: