Ingin Mendaki Gunung Batur? Inilah 5 Persiapan yang Harus Dilakukan Berikut Rutenya!

Ingin Mendaki Gunung Batur? Inilah 5 Persiapan yang Harus Dilakukan Berikut Rutenya!

Gunung Batur, inilah rute dan hal yang perlu disiapkan--

DISWAYJATENG.ID - Jika ingin mendaki gunung batur, inilahpersiapan dan rute yang harus dilakukan.

Gunung Batur, salah satu gunung berapi aktif di Bali, merupakan salah satu destinasi pendakian yang menarik bagi para pecinta alam dan pendaki.

Dengan ketinggian mencapai 1.717 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki yang menantang namun juga memukau dengan panorama alamnya.

Sejarah Geologi Gunung Batur

Gunung Batur terbentuk oleh aktivitas gunung berapi di kawasan Cincin Api Pasifik. Letusan besar terakhir terjadi pada tahun 1963, yang menyebabkan perubahan besar pada topografi gunung.

BACA JUGA:Ingin Melakukan Pendakian yang Menantang? Cobalah Untuk Mendaki Gunung Papandayan, Ini Rutenya!

Gunung Batur kini memiliki dua kawah utama, yakni kawah Batur yang lebih besar dan kawah Baru yang terbentuk pasca-letusan 1963.

Rute Pendakian

Terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih oleh para pendaki, namun jalur utama biasanya dimulai dari desa Toya Bungkah.

Trek ini dikenal dengan jalur pendakian yang relatif mudah, sehingga cocok untuk pendaki pemula dan keluarga. Perjalanan menuju puncak biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga jam tergantung pada tingkat kecepatan dan kondisi fisik pendaki.

Puncak Gunung Batur

Setelah mencapai puncak, Anda akan dihadiahi dengan pemandangan spektakuler yang tidak akan terlupakan. Puncak Gunung Batur menyajikan panorama luar biasa dari danau Batur yang memukau dan hamparan awan yang membentang di kejauhan.

BACA JUGA:Ingin Mendaki Gunung Pangraro? Berikut Ini 3 Rute yang Populer! Keindahannya Sangat Menakjubkan

Selain itu, jika Anda mendaki pada waktu yang tepat, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan dari atas puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: