Kementerian Agama Kota Tegal Adakan Pentas PAI

Kementerian Agama Kota Tegal Adakan Pentas PAI

BERSAMA-Ketua KKG PAI SD Kota Tegal, Muflihul Huda, Kepala Seksi Pendidikan dan Keagamaan Islam Nurhikmah dan Kabid Dikdas Singgih saat membuka Pondok Pesantren Nahdhatul Ulama Kota Tegal. Foto : Meiwan Dani R --

DISWAYJATENG, TEGAL - Kantor Kementerian Agama Kota Tegal mengadakan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam  (Pentas PAI) Pondok Pesantren Nahdhatul Ulama Kota Tegal, Senin (31/31). Pentas PAI melombakan empat cabang lomba. Yaitu Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), cerdas cermat PAI, dan lomba pidato PAI. Kejuaraan itu memperebutkan piala dari Kepala Kemenag Kota Tegal yang diikuti oleh peserta terbaik dari setiap kecamatan. Kecuali cabang lomba cerdas cermat PAI yang diikuti oleh tiga tim dari setiap kecamatan, satu tim terdiri atas tiga anak putra atau putri.

Kepala Kemenag Kota Tegal Ahmad Muhdzir melalui Kepala Seksi Pendidikan dan Keagamaan Islam Nurhikmah menyampaikan, sedianya kegiatan Pentas PAI diadakan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan sampai tingkat nasional. Namun karena sesuatu hal hanya diadakan sampai tingkat kota saja.

"Meskipun di tingkat nasional dan provinsi, Pentas PAI ditiadakan, kegiatan ini harus tetap diadakan di tingkat Kota Tegal. Karena ini bentuk apresiasi kami atas kinerja teman-teman guru PAI, khususnya guru PAI SD yang punya semangat dan dedikasi tinggi terhadap peserta didiknya untuk menyukseskan gelaran Pentas PAI"  ujarnya.

Sementara itu, Ketua KKG PAI SD Kota Tegal Muflihul Huda menyampaikan bahwa kegiatan Pentas PAI merupakan ajang pemanasan bagi anak-anak untuk mengikuti kegiatan rutin berikutnya. Dan lomba MAPSI PAI SD yang rencana akan digelar mulai pertengahan Agustus untuk tingkat kecamatan. Sementara tingkat kota Tegal akan digelar di bulan September 2023.

"Pentas PAI ini merupakan agenda rutin dua tahun sekali yang diadakan Kemenag dan bekerjasama dengan KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, MGMP PAI SMA, dan MGMP PAI SMK. Hanya saja untuk tahun 2023 lomba diselenggarakan di tingkat SD," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: