Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Baju Kesayangan Anda, Dijamin Bersih Seperti Baru

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Baju Kesayangan Anda, Dijamin Bersih Seperti Baru

--

DISWAYJATENG – Saat anda mencuci pakaian, tentu sering menemui bintik hitam di baju. Permasalahan ini jikatidak anda atasi akan sangat mengganggu ketika bintik hitam tersebut akan semakin banyak.

Bintik hitam tersebut dapat anda hilangkan dengan berbagai cara sederhana. Jadi anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Pada umumnya, bintik hitam pada baju merupakan masalah yang sepele, namun dapat membuat penampilan kamu terlihat kusam dan kurang menarik. Apalagi jika bintik hitam ini ada pada baju yang bewarna cerah, sehingga membuatnya lebih mengganggu.

Noda hitam pada baju ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik itu  dari cara pencucian hingga penyimpanan baju di lemari.

Melansir dari laman bdipadang.com, untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui penyebab serta cara menghilangkan bintik hitam di baju dengan lebih cepat dan mudah. Agar lebih jelas, kamu dapat menyimak informasi berikut ini.

Penyebab Munculnya Bintik Hitam Pada Baju

1.    Pemakaian Detergen Yang Terlalu Berlebihan

Penggunaan detergen yang salah ataupun berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya bintik hitam pada pakaian.

Biasanya sisa-sisa detergen yang masih menempel dibaju ini akan menumpuk, dan membuat pakaian terasa lebih kesat serta berubah warna menjadi bintik-bintik hitam.

Selain itu, residu dari penggunaan detergen yang terlalu berlebihan ketika mencuci juga bisa membuat baju kamu tidak awet dan mudah robek.

Jadi untuk kamu yang ingin baju yang lebih awet dan bersih, kamu harus mengatur penggunaan detergen ini.

2.    Penyimpanan Yang Kurang Tepat

Penyebab bintik hitam lainnya pada pakaian yaitu penyimpanan yang kurang tepat. Biasanya pakaian yang di lipat dan disimpan di dalam lemari tertutup dalam jangka waktu yang lama membuat pakaian mudah untuk terkena jamur.

Jadi tidak ada salahnya, jika kamu mulai memperhatikan kebersihan dan juga cara penyimpanan baju yang baik dan benar, seperti menyimpan baju dengan cara di gantung agar pakaian tetap awet tanpa takut muncul noda.

3.    Proses Penjemuran Yang Kurang Maksimal

Proses penjemuran yang kurang sempurna bisa membuat baju kamu menjadi lembab, dan rentan terkena jamur.

Pada umumnya baju-baju tebal seperti sweeter atau jaket cukup sulit untuk di jemur hingga kering. Bahkan jenis baju yang satu ini butuh beberapa hari agar benar-benar kering.

Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa pakaian yang kamu jemur terbebas dari jamur atau penyebab bintik hitam pada baju, sebaiknya kamu menjemur bajumu hingga benar-benar kering. Selain itu, kamu juga bisa menyetrikanya terlebih dahulu agar bajumu tidak lembab atau basah.

Cara Menghapus Noda Bintik Hitam Di Baju

1.    Bintik Hitam Hilang Dengan Perasan Air Lemon

Buah yang satu ini memang terkenal dengan berbaga khasiatnya, baik itu untuk kesehatan ataupun untuk membantu membersihkan barang, salah satunya adalah pakaian.

Kandungan asam sitrat pada lemon inilah yang sering digunakan untuk membantu mengusir noda pada pakaian, baik itu yang berasal dari jamur, tumpahan minyak atau karena tinta.

Cara menghilangkan bintik hitam di baju dengan menggunakan lemon ini, kamu cukup membuat larutan lemon yang selanjutnya kamu oleskan pada bagian bintik-bintik hitam di pakaian. Setelah itu kamu bisa mendiamkannya selama satu jam, hingga noda menghilang.

2.    Cara Cepat Menghilangkan Bintik Hitam Dengan Pemutih

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bintik hitam di baju yaitu menggunakan pemutih. Benda yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk para ibu rumah tangga ketika mencuci baju yang kotor atau terdapat noda.

Kamu hanya perlu menuangkan pemutih secukupnya di dalam wadah yang berisi air, lalu rendam pakaian yang telah terdapat noda bintik hitam.

Diamkan selama beberapa saat, dan kamu bisa mendapatkan pakaian yang lebih bersih dan tanpa noda.

Namun yang perlu menjadi catatan, pemakaian pemutih ketika merendam pakaian ini perlu ketelitian, karena tidak semua jenis kain bisa tahan dengan komposisi pemutih ini.

Jadi kamu perlu menyortir pakaian terutama untuk pakaian yang bewarna dan pakaian putih/terang. Hal ini agar pakaian kamu tidak mudah luntur.

3.    Cara Menghapus Noda Bintik Hitam Dengan Cuka

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan cuka terutama untuk penyedap makanan. Jenis bahan yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menghilangkan noda pada pakaian.

Jenis bahan ini memiliki kandungan asam asetat yang cukup ampuh untuk memecah, melembutkan dan membunuh bau serta jamur pada pakaian.

Jadi tidak heran jika bintik hitam pada baju bisa langsung menghilang hanya dengan menggunakan cuka saja.

Kamu hanya cukup merendam baju yang ditumbuhi jamur dengan larutan cuka dan air hangat selama setengah jam saja. Selanjutnya kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci dan detergen.

4.    Tips Menghilangkan Noda Bintik Hitam Di Pakaian Dengan Soda Kue

Cara lainnya yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan noda bintik hitam pada pakaian yaitu dengan penggunaan soda kue. Jenis bahan yang satu ini sangat mudah untuk kamu temukan, terutama yang sering membuat kue atau bolu.

Kandungan asam karbonat pada soda kue ini memiliki sifat basa yang cukup efektif untuk menghalau pertumbuhan jamur serta bakteri pada pakaian, sehingga dapat dengan mudah menghilangkan bintik hitam pada pakaian yang disebabkan oleh kedua hal tersebut.

Kamu hanya perlu mencampur soda kue atau baking soda secukupnya dengan larutan air hangat ketika merendam pakaian.

Atau jika kamu tidak mempunyai waktu yang cukup banyak, kamu bisa langsung mencampurkan soda kue ini dengan sedikit detergen ketika mencuci pakaian.

5.    Menggunakan Sitrun Atau Citric Acid Untuk Menghilangkan Bintik Hitam

Jika kamu sulit untuk menemukan buah lemon di daerahmu, kamu bisa mencoba menggunakan sitrun atau Citric Acid. Bahan yang memiliki bentuk kristal ini biasanya dijual dengan harga yang tergolong murah.

Untuk membuat pakaian bersih dan wangi, kamu hanya perlu mencampurkan Sitrun ini dengan larutan air serta sedikit detergen, lalu gunakan untuk merendam pakaian selama 10-15 menit saja. Setelah itu kamu bisa mencuci pakaianmu seperti biasanya.

Selain bereperan sebagai salah satu cara menghilangkan bintik hitam di baju citric acid juga membantu kamu untuk menyamarkan bau dan menghilangkan bekas noda minyak pada pakaian.

6.    Kegunaan Air Panas Untuk Melenyapkan Noda Bintik Hitam Di Baju

Salah satu cara menghilangkan noda bintik hitam di baju dengan cepat dan mudah yaitu menggunakan air panas. Sudah sejak dulu, air panas dipercaya dapat mematikan bakteri dan jamur yang bersemayam di pakaian.

Biasanya air panas ini digunakan untuk merendam pakaian yang telah terkontaminasi jamur dengan ciri-ciri bintik hitam di permukaan kain. Kamu bisa merendamnya selama 15-30 menit, lalu menguceknya. Setelah itu, kamu bisa mencucinya dengan detergen seperti bisanya.

BACA JUGA:Gampang banget, Inilah Cara Hilangkan Noda Membandel Hanya Dengan Pasta Gigi

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan bintik hitam di baju. Dengan mengetahui hal-hal tadi, kamu bisa membersihkan bintik hitam di baju maka bajumu dengan lebih cepat dan mudah, tanpa khawatir baju akan rusak atau luntur. Jadi jangan bingung lagi ya, jika ada bintik-bintik hitam di bajumu.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: