Inilah 5 Manfaat Menyeruput Kopi Tanpa Gula, Meski Sedikit Pahit Tapi Memiliki Segudang Manfaat

Inilah 5 Manfaat Menyeruput Kopi Tanpa Gula, Meski Sedikit Pahit Tapi Memiliki Segudang Manfaat

Ilustrasi Manfaat Menyeruput Kopi Tanpa Gula--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini.

Namun yang lebih banyak diminati sebagian besar orang adalah minuman kopi dengan tambahan berbagai rasa, seperti susu, atau gula. Padahal, kopi yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah kopi tanpa gula.

Manfaat kopi tanpa gula akan terasa jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan jumlah yang tepat. Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dati beberapa sumber, berikut 5 manfaat minum kopi tanpa gula:

1. Mengurangi Kalori

Minum kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda.

Gula adalah sumber kalori yang tinggi, dan ketika Anda menambahkan gula ke dalam kopi, Anda juga menambahkan jumlah kalori ke dalam minuman tersebut.

Sebagai contoh, satu sendok teh gula biasanya mengandung sekitar 16 kalori.

Dengan menghindari gula dalam kopi, Anda mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap kali Anda menikmati secangkir kopi.

Jika Anda minum beberapa cangkir kopi dalam sehari dan biasanya menambahkan gula pada setiap cangkirnya, pengurangan kalori ini dapat menjadi signifikan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mengurangi asupan kalori harian dapat memiliki manfaat dalam pengelolaan berat badan. Jika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang Anda bakar, tubuh akan mulai membakar cadangan lemak sebagai sumber energi, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa mengurangi kalori hanya dari minum kopi tanpa gula mungkin tidak cukup untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan, dan perlu diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup yang aktif.

2. Menjaga kadar gula darah

Ketika Anda mengonsumsi gula, tubuh akan mencerna dan menyerapnya ke dalam darah, menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam.

Saat gula darah naik dengan cepat, tubuh merespons dengan melepaskan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula darah ke level yang aman.

Proses ini membantu mengatur gula darah dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun, lonjakan gula darah yang tajam dan terlalu sering dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Saat Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebihan, tubuh mungkin merespons dengan melepaskan terlalu banyak insulin, menyebabkan penurunan kadar gula darah di bawah level normal.

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kantuk, lemas, dan kehausan, dan dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Dengan memilih untuk minum kopi tanpa gula, Anda menghindari lonjakan gula darah yang tajam yang dapat terjadi jika Anda menambahkan gula ke dalam kopi.

Sebagai gantinya, kopi tanpa gula akan memberikan sedikit atau bahkan tanpa efek pada kadar gula darah, tergantung pada jenis kopi dan bagaimana tubuh Anda meresponsnya.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Ampas Kopi Bagi Kegiatan Sehari-Hari, Sungguh Tidak Terduga

3. Menyempurnakan rasa kopi

Ketika Anda minum kopi tanpa gula, Anda dapat lebih menikmati cita rasa alami dari biji kopi yang digunakan.

Gula memiliki rasa manis yang dominan, dan penambahan gula ke dalam kopi dapat menyembunyikan nuansa dan kompleksitas cita rasa asli kopi.

Tanpa gula, Anda dapat lebih merasakan rasa kopi secara utuh, seperti kenikmatan aroma, tingkat keasaman, dan kekayaan rasa kopi yang sebenarnya.

Minum kopi tanpa gula bisa menjadi cara untuk mengeksplorasi berbagai jenis biji kopi dan mencintai kopi dalam bentuknya yang murni.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Kopi mengandung kafein, suatu stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Ketika Anda minum kopi tanpa gula, kafeinnya tetap berfungsi untuk membantu menjaga Anda tetap terjaga dan fokus.

Tanpa gula, Anda juga menghindari kemungkinan lonjakan energi singkat yang disebabkan oleh konsumsi gula, yang kemudian dapat diikuti oleh penurunan energi yang membuat Anda merasa lesu.

Dengan demikian, minum kopi tanpa gula dapat memberikan manfaat kafein tanpa gangguan dari gula tambahan.

5. Membantu penurunan berat badan

Kopi tanpa gula adalah minuman rendah kalori, karena gula adalah sumber kalori yang tinggi. Dengan menghindari gula dalam kopi, Anda mengurangi asupan kalori dari minuman tersebut.

Jika Anda menggantikan minuman yang mengandung gula tinggi dengan kopi tanpa gula, Anda dapat membantu dalam program penurunan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat.

Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang efektif dan sehat juga membutuhkan pola makan yang seimbang, latihan fisik secara teratur, dan gaya hidup yang aktif.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber