Wisata Embung Banjaroya: Pesona Indah dari Waduk Buatan yang Ada di Yogyakarta

Wisata Embung Banjaroya: Pesona Indah dari Waduk Buatan yang Ada di Yogyakarta

Ilustrasi Embung Banjaroya Yogyakarta--instagram : conkfreak

DISWAYJATENG.ID - Obyek Wisata Embung Banjaroya merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang menyuguhkan keindahan waduk dari ketinggian serta suasana perbukitan nan indah asri.

Embung Banjaroya merupakan waduk buatan berukuran mini yang berada di barat Kota Jogja.

Embung Banjaroya ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan menampung kelebihan air hujan pada musim hujan serta sebagai pengembangan kawasan wisata baru di Jogja.

Kepopuleran Embung di Kulon Progo ini berkat banyak orang yang mengunggah foto kerennya di sosmed, karena Waduk Mini Banjaroya ini sangat cocok untuk tempat hunting foto di Jogja.

Selain menikmati keindahan alamnya yang indah, wisatawan juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto selfie. Salah satu spot foto di Embung Banjaroya ini yakni patung durian yang berada di pintu depan embung dan berukuran cukup besar.

Penasaran dengan Embung Banjaroya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut informasi lengkap mengenai Embung Banjaroya Yogyakarta:

Alamat dan Rute Lokasi

Jika anda berencana mengunjungi wisata alam Embung Banjaroya Jogja. Anda tidak akan merasa kesulitan karena akses jalan yang baik dan bisa anda kunjungi menggunakan kendaraan.

Embung Banjaroya sendiri berlokasi di Jl. Kalibawang-Sendang Sono, Tonogoro, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Obyek wisata Embung Banjaroya lokasinya berjarak kurang lebih 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan dengan menempuh waktu sekitar 60 menit perjalanan.

Jika anda bingung rute terbaik untuk berkunjung ke Embung Banjaroya, anda bisa mengakses peta lokasinya lewat google maps.

Harga Tiket Masuk

Sajian wisata murah di Jogja menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Salah satu obyek wisata murah meriah di Jogja yaitu Embung Banjaroya.

Wisata baru di Jogja yang rekomended dengan pesona keindahan dan juga harga tiket masuk terjangkau. Karena untuk menikmati pesona wisata satu ini anda cukup membayar biaya tiket masuk Rp.5.000/orang.

Dengan harga tiket Rp.5.000 anda bisa pusat menikmati panorama keindahan yang di tawarkan oleh Embung Banjaroya Yogyakarta.

Sedangkan biaya tambahan yang harus anda keluarkan yaitu retribusi parkir wisata ketika berkunjung menggunakan kendaraan. Dengan harga tiket masuk Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 ketika berkunjung menggunakan mobil.

(Harga tiket masuk dari wisata Embung Banjaroya dengan biaya tambahan lainnya bisa berubah setiap waktu)

BACA JUGA:Pantai Nyang Nyang: Pantai Indah dengan Julukan Surga Tersembunyi yang Ada di Bali

Daya Tarik Embung Banjaroya

Objek Wisata Embung Banjaroya di Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Penduduk lokal daerah Kulon Progo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Kulon Progo juga terkenal akan Objek Wisata Embung Banjaroya di Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Embung Banjaroya di Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta atau di sebut Waduk Mini Kalibawang merupakan wisata alam berbentuk waduk berukuran mini yang ada dan dibangun di daerah kalibawang.

Objek Wisata Embung Banjaroya ini juga berada di daerah perbukitan. Jika cuaca cerah di pagi hari maupun sore hari melalui waduk ini kita dapat melihat Gunung Merapi dan Merbabu lebih dekat.

Di sore hari kita dapat menikmati matahari terbenam, walaupun matahari tertutup oleh bukit saat terbenam, tapi kita dapat menikmati senja sore hari.

Ada yang menarik di waduk mini ini, yaitu terdapat patung durian berukuran besar yang diletakkan di pintu masuk waduk. Patung ini digunakan sebagai simbol bahwa daerah kalibawang adalah sentra durian menoreh terbaik.

Jika musim durian tiba, sering diadakan festival durian di daerah kalibawang ini. Untuk rute jalan menuju Embung Kalibawang ini lebih mudah daripada waduk mini Kleco.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber