Manfaat Mengonsumsi Biji Pepaya, Dahlan Iskan Selalu Lakukan Ini Setiap Hari

Manfaat Mengonsumsi Biji Pepaya, Dahlan Iskan Selalu Lakukan Ini Setiap Hari

Manfaat konsumsi biji pepaya bagi kesehatan--

DISWAYJATENG – Mungkin tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa banyak manfaat mengonsumsi biji pepaya bagi kesehatan.  

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, tak cuma makan daging buah pepaya. Ia juga melahap bijinya.

Dalam video pendek yang beredar di WhatsApp Group, nampak Dahlan tengah lahap menyendoki buah berdaging oranye itu. Tak ketinggalan ia menyertakan biji buah pepaya berwarna cokelat kehitaman.

"Dengan bijinya tapi tidak dikunyah, langsung ditelan," kata Dahlan.

Pria 70 tahun ini mengatakan biji pepaya memiliki manfaat lebih hebat dari buah pepaya.

"Jadi, saya setiap makan pepaya isinya saya makan tidak dikunyah, langsung ditelan. Baru setelah makan biji makan isinya (daging buah pepaya)," kata Dahlan.

Apa benar biji pepaya bermanfaat bagi tubuh?

Bila menilik kandungannya, biji pepaya memang bermanfaat bila dikonsumsi. Biji pepaya mengandung polifenol dan flavonoid yang sangat tinggi. Dua senyawa ini

bertindak sebagai antioksidan seperti disampaikan dokter Danang Ardianto dari Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Tawangmangu, Jawa Tengah.

"Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," Danang menjelaskan bahwa tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan efek dari paparan radikal bebas. Beberapa zat yang memiliki sifat antioksidan adalah flavonoid,

polifenol, beta karoten, lutein, likopen, selenium, zinc, antosianin (zat warna pada buah dan sayur), serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

Boleh Makan Seberapa Banyak?

Bila ingin meniru kebiasaan Dahlan Iskan yakni makan biji buah pepaya ya aman-aman saja. Namun, perlu diingat rasanya memang tidak nyaman di lidah.

"Bisa dimakan secara langsung hanya saja rasanya pahit dan agak pedas," kata Dahlan

Mengenai seberapa banyak boleh makan biji pepaya Danang mengatakan belum ada data terkait hal tersebut. Ia menyarankan 1-2 sendok makan sehari.

"Belum ada data keamanan terkait dosis. Untuk takaran empiris maksimal 1-2 sendok makan sehari," katanya.

Masyarakat bila ingin meniru Dahlan Iskan yang makan pepaya beserta bijinya harus tahu tujuannya. Lalu, tahu juga jenis pepaya mana yang dikonsumi hingga cara mengonsumsinya seperti disampaikan dokter yang juga herbalis, Prapti Utami,  Jadi, jangan copy paste. Yang meniru harus mau bertanggung jawab terhadap keputusan dan tindakannya.

Manfaat Biji Pepaya

Mlansir dari lama dtik.com, ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji pepaya untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.    Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Manfaat biji pepaya yang pertama adalah untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat di dalam biji pepaya dipercaya dapat membantu untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Neelam Pathak dan kawan kawan dengan judul 'Efek Kemopreventif Kanker dari Fraksi Kaya Flavonoid yang Diisolasi dari Biji Pepaya' yang dipublikasikan dalam situs National Library of Medicine tahun 2014.

Penelitian itu menyebutkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Namun, hingga saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

2.    Melawan Infeksi

Nutrisi yang terkandung di dalam biji pepaya juga dipercaya dapat menghancurkan berbagai jenis jamur dan parasit tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

Meminum ramuan yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu juga dinilai dapat secara signifikan membunuh parasit di usus.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat biji pepaya untuk melawan infeksi jamur dan parasit pada tubuh manusia.

3.    Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena biji pepaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi gejala susah BAB.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam biji pepaya ini juga dapat berperan aktif untuk melindungi tubuh dari penyakit radang usus, meredakan gejala wasir, serta mencegah pembentukan tukak usus. Oleh karena itu, mengkonsumsi biji pepaya bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4.    Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting untuk kesehatan. Hal ini karena ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan cairan berlebih di dalam tubuh.

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi biji pepaya. Konsumsi biji pepaya secara rutin dipercaya dapat membantu menjaga fungsi ginjal dari kerusakan.

Hal ini karena biji pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan oksidatif pada tubuh, sehingga mampu untuk melindungi kesehatan fungsi ginjal.

5.    Membantu Mencegah Obesitas

Mengutip  dari situs NDTV Food, kandungan serat yang terdapat di dalam biji buah pepaya ternyata dapat membantu untuk mencegah lemak berlebih atau obesitas di dalam tubuh. Hal ini karena biji pepaya dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Selain itu, biji pepaya juga berperan baik untuk mengatur tekanan darah, sehingga biji pepaya mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

6.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut situs Everyday Health, biji pepaya juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena terdapat banyak kandungan vitamin C di dalam biji pepaya yang mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

7.    Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Kandungan senyawa baik yang terdapat di dalam biji pepaya juga dipercaya dapat menurunkan penyakit Alzheimer yang mengganggu kemampuan intelektual dan daya ingat. Ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dianggap mampu untuk menangkal efek stress oksidatif yang dialami oleh orang-orang dengan penyakit Alzheimer. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

8.    Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Biji pepaya memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya yang dipercaya dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata. Oleh karena itu, makan buah pepaya dan juga bijinya dapat membantu untuk melindungi mata dari kerusakan.

BACA JUGA:Dapat Mengurangi Keriput! Ini Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit yang Jarang Diketahui

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi biji papaya yang dapat kami bagikan dalam artike ini. semoga dapat bermanfaat bagi anda. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: