Kaum Hawa Wajib Tahu! Lidah Buaya Rupanya Bermanfaat untuk Mempercantik Wajah

Kaum Hawa Wajib Tahu! Lidah Buaya Rupanya Bermanfaat untuk Mempercantik Wajah

Ilustrasi Manfaat Lidah Buaya Untuk Mempercantik Wajah--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Lidah buaya, mempunyai nama ilmiah (Aloe Vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat cepat hidup, berasal dari daerah timur tengah Jazirah Arab.

Tumbuhan lidah buaya banyak dibudidayakan untuk kepentingan pertanian, pengobatan, dan tanaman hias. Tumbuhan lidah buaya ini mempunyai manfaat yang sangat beragam, salah satunya adalah untuk perawatan kulit wajah.

Mulai dari melembapkan, mencerahkan, mengurangi peradangan jerawat, hingga memperlambat proses penuaan dini. Bahkan, aloe vera juga mampu mengatasi kulit sensitif.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya, kamu disarankan untuk menggunakan gel aloe vera secara alami. Caranya juga sederhana, cukup dengan mengupas kulit lidah buaya dan mengambil dagingnya untuk dioleskan ke kulit wajah.

Beberapa manfaat lidah buaya bagi wajah, antara lain:

1. Melembabkan Kulit

Manfaat lidah buaya yang pertama yaitu, untuk melembabkan kulit wajah. Manfaat ini terjadi karena adanya kandungan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, serta E dalam lidah buaya.

Gel dari lidah buaya bisa dipakai sebagai pelembap alami untuk kulit wajah dan bekerja untuk menyerap minyak berlebih.

Menurut penelitian, lidah buaya mengandung 98 persen air. Dengan kandungan air sebanyak itu, lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melembabkan diri dan menghilangkan sel kulit mati.

2. Mengurangi Infeksi dan Mencegah Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi infeksi dan mencegah jerawat. Kandungan antiseptik pada lidah buaya memungkinkan wajah kamu terlindung dari serangan bakteri.

Lidah buaya juga bersifat antimikroba yang mampu mengobati jerawat tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Kandungan polisakarida dan giberelin pada lidah buaya turut mempercepat pertumbuhan sel-sel baru serta mengurangi peradangan serta kemerahan pada kulit.

3. Menyembuhkan Luka Bakar

Jika mengalami luka bakar akibat prosedur medis seperti laser, kamu bisa menyembuhkannya menggunakan gel lidah buaya lho. Getahnya bekerja sebagai salep alami yang efektif menenangkan kulit.

Manfaat ini terjadi karena gel lidah buaya mempunyai kandungan tinggi antioksidan, kalsium, dan sifat pelembap alami. Semuanya efektif membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

Kandungan tersebut bekerja dengan memperkuat jaringan kulit dan menunjang proses pembelahan sel-sel penghasil keratin. Dengan begitu, sel kulit baru lebih cepat tumbuh untuk menggantikan jaringan yang luka.

Menurut penelitian, lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar. Durasinya berkisar 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

Selain mempercepat proses penyembuhan, penggunaannya juga dapat membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi pada kulit.

BACA JUGA:Havana Hills: Wisata Terbaru di Cilacap Paling Hits dan Instagramable

4. Menyamarkan Tanda-tanda Penuaan Pada Wajah

Lidah buaya juga dipercaya bisa melawan penuaan kulit pada wajah. Kandungan vitamin C dan E serta beta-karoten yang berlimpah pada gel lidah buaya membuat tanaman ini punya sifat antipenuaan.

Beberapa zat dalam lidah buaya juga mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Zat ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, elastisitas kulit, dan dapat membantu untuk menghilangkan noda pada kulit serta mengurangi garis usia pada wajah.

5. Mencegah dan Menyamarkan Flek Hitam

Gel lidah buaya juga diyakini bisa mencegah tirosinase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit.

Perlu diketahui tirosinase bertugas menekan hiperpigmentasi yang diinduksi ultraviolet (UV) dan efek merusak kulit dari sengatan matahari.

Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam pada kulit wajah.

Meskipun penggunaan lidah buaya cenderung aman, efek samping bisa saja terjadi pada sebagian pengguna seperti terjadinya reaksi alergi, dan iritasi kulit. Maka dari itu kamu harus tetap waspada, yaa!

Jika ingin mendapatkan berbagai manfaat lidah buaya, tetapi kamu memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk atau obat herbal yang mengandung lidah buaya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber