Dua Tiga Kucing Saleh, 5 Wisata Air Terjun di Malang Ini Bikin Hati Meleleh!

Dua Tiga Kucing Saleh, 5 Wisata Air Terjun di Malang Ini Bikin Hati Meleleh!

Ilustrasi Wisata Air Terjun di Malang I--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Dua Tiga Kucing Saleh, 5 Wisata Air Terjun di Malang Ini Bikin Hati Meleleh! Malang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga di kenal dengan beragamnya wisata.

Baik wisata alam maupun buatan. Salah satu wisata alamnya adalah Air Terjun yang masih jarang di ketahui oleh wisatawan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa air terjun tercantik di Malang yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Coban Sewu

Sesuai dengan namanya, Coban Sewu berarti seribu air terjun. Tidak berlebihan, karena memang banyak sekali aliran air yang membantuk air terjun dalam satu lokasi.

Lokasinya yang ada di perbatasan Malang-Lumajang membuat air terjun ini memiliki 2 nama. Coban Sewu adalah nama dari pintu masuk yang berada di Malang. Dan jika dari Lumajang bernama Tumpak Sewu.

Trek yang dilalui untuk turun ke Coban Sewu adalah jalan yang dibuat oleh warga berupa tangga-tangga yang terbuat dari bambu. Harus tetap berhati-hati ketika menuruninya.

Setelah sampai di bawah, kamu akan terbuai melihat keindahan Coban Sewu. Tapi buat kamu yang tidak turun, tetap bisa menikmati kecantikannya dari atas sambil menyantap makanan di warung-warung di sekitar.

2. Coban Pelangi

Air terjun selanjutnya adalah Coban Pelangi. Dinamai begitu karena jika beruntung, kamu menemukan bias pelangi di air terjun ini.

Coban PelangiCoba Pelangi sudah tidak asing bagi para pendaki Gunung Semeru, karena lokasinya searah dengan perjalanan menuju Ranu Pani.

Berkat kecantikannya tidak heran jika yang datang kesini bukan cuma wisatawan lokal, tapi juga turis asing. Untuk menuju air terjun masih harus berjalan 30 menit.

BACA JUGA:Pantai Jodo Batang: Pantai Viral Berkat Pemandangan Kereta Api yang Bersanding dengan Birunya Hamparan Laut

3. Coban Cinde

Destinasi air terjun di Malang selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Coban Cinde. Air terjun yang berlokasi di Kecamatan Tumpang ini berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Malang.

Jika bisa dikategorikan, Coban Cinde adalah salah satu hidden gem karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Bukan hanya tentang airnya yang segar dan pemandangannya yang cantik, kondisi alami dari Coban Cinde juga membuat tempat ini bisa menjadi tempat olahraga bagi kamu yang ingin melatih fisik.

Nama Cinde sendiri terinspirasi dari bentuk air terjun yang berkibar seperti syal. Bukan hanya bentuknya, debit air yang sangat besar juga membuat seakan-akan air terjun berkibar-kibar seperti syal.

4. Coban Trisula

Kebanyakan air terjun yang ada di Kota Malang dinamakan berdasarkan bentuknya, termasuk dengan Coban Trisula yang satu ini. Asal muasal kenapa air terjun yang satu ini dinamakan Coban Trisula adalah karena air terjun yang jatuh ke bawah ini turun menjadi tiga tingkat.

Nah, untuk yang paling atas air terjunnya dinamakan sebagai Coban Atas yang memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Mengikuti jejaknya, ada Coban Tengah yang sebenarnya memiliki jarak yang sedikit berbeda dengan Coban Atas, yaitu hanya mencapai ketinggian 2,5 meter saja.

Sementara yang terakhir, air terjun Coban Bawah hanya bertugas menampung saja.

Bukan hanya airnya saja yang segar, namun Coban Trisula juga memiliki beragam flora yang layak kamu nikmati keindahannya. Mulai dari anggrek, beragam tumbuhan paku-pakuan, juga beberapa tumbuhan liar bisa kamu nikmati di sini.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menikmati beberapa burung yang berkicau di air terjun yang satu ini. Popularitas dari air terjun ini juga dibantu dengan beberapa pendaki Gunung Bromo yang gemar melepas lelah setelah pendakian

5. Coban Manten

Coban Manten berada di desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini sangat cantik dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Malang. Ia juga sering disebut dengan nama Coban Kembar.

Di tempat ini ada 2 air terjun yang berjajar dalam satu tebing layaknya sepasang pengantin. Bisa jadi, sebab hal itulah air terjun ini disebut Coban Manten. Lokasinya masih tersembunyi dan jarang dikunjungi sehingga alamnya masih terlihat alami.

Air terjun ini berlokasi di Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber