Bukit Barede: Tempat Wisata yang Menyenangkan untuk Menikmati Sunrise

Bukit Barede: Tempat Wisata yang Menyenangkan untuk Menikmati Sunrise

Bukit Barede: Tempat Wisata yang Menyenangkan untuk Menikmati Sunrise-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Para anak remaja pastinya ingin mengabadikan keindahan ketika sunrise telah tiba, salah satu tempat yang bagus untuk menikmati sunrise adalah di wisata Bukit Barede Magelang.

Kalian bisa mengajak besti kalian untuk mengunjungi wisata ini dengan mengabadikan setiap momen yang indah dan jangan sampai terlewatkan. Objek wisata alam Bukit Barede memiliki panorama khas pegunungan yakni dengan latar belakang pepohonan yang rindang serta berwarna hijau dan seolah-olah membentuk benteng bukit-bukit yang tak terlampau tinggi.

Landscape berupa area pegunungan dan hamparan dataran rendah begitu memukau, tidak hanya itu objek wisata alam Magelang ini pun menjadi salah satu tempat kece dalam menyaksikan fenomena matahari terbit.

Bukit Barede merupakan sebuah tempat yang berada di kawasan Pegunungan Menoreh, dimana konon katanya sempat digunakan untuk berkumpulnya pasukan pada saat Perang Jawa oleh Pangeran Diponegoro.

Nama bukit tersebut merupakan akronim dari Bubare Perang Gedhe yang artinya selesainya perang besar atau setelah perang besar. Sejak saat itu, bukit tersebut dikenal dengan nama Bukit Barede.

Berikut daya tarik yang tersedia di wisata ini, antara lain:

Menyaksikan Borobudur dari Ketinggian

Lokasinya yang berada tidak jauh dari candi membuatnya dapat menjadi salah satu tempat yang menarik untuk menyaksikan salah satu keajaiban dunia tersebut. Banyak tersedia beberapa rumah panggung atau gazebo serta kursi-kursi kayu yang dapat digunakan untuk duduk-duduk santai memandangi pemandangan alam yang tersaji.

Untuk dapat menuju Puncak Bukit Barede maka kalian harus melakukan trekking sekitar 15 menit lamanya, yakni dengan melalui jalan setapak yang sudah bagus dan mudah untuk dilalui.

Gardu Pandang

Dari gardu pandang biasanya wisatawan bisa bebas memandang keindahan alam setempat lebih jauh tanpa terhalang apapun dari ketinggian. Demikian juga dengan Bukit Barede ini, Gardu Pandang sengaja dibangun pengelola dan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan panorama alam yang menyejukkan.

Bahkan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berswafoto atau selfie agar pengunjung dapat mengabadikan kenangannya di tempat itu. Pada lokasi ini juga terdapat warung kopi yang didirikan oleh para penduduk lokal.

Adanya warung kopi dengan panorama pegunungan ini diharapkan pengunjung bisa menikmati kopi di atas bukit dengan sensasi yang mempesona.

Berburu Sunrise

Untuk menikmati sunrise yang sempurna biasanya harus berjalan kaki mendaki gunung selama berjam-jam, bahkan harus berkemah di tengah dinginnya udara pegunungan semalaman.

Hal itu tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan mental saja, namun tidak demikian dengan menikmati indahnya matahari terbit di Bukit Barede. Pemandangan yang luar biasa di sajikan di sekitar kawasan Bukit Barede Magelang, keindahan kawasan Taman Wisata Borobudur ini sudah dikenal di seluruh dunia.

Kawasan ini disebut juga termasuk Sunrise terbaik di sekitar Magelang dan tidak heran kalau para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik banyak yang berwisata di kawasan ini. Untuk dapat menyaksikan keindahan sunrise dengan sempurna, para pengunjung harus sudah berada dipoint Bukit Barede pada pukul 04.00 wib, atau sebelum matahari terbit.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang tersedia di wisata ini, antara lain adanya gazebo, lahan parkir yang luas, warung penjual makanan dan minuman dan gardu pandang yang berupa rumah pohon.

Jam Buka

Wisata Bukit Barede buka setiap hari mulai pukul 04.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk menuju Bukit Barede sangat murah yakni hanya sekitar Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Namun untuk para wisatawan mancanegara harus membayar sebesar Rp30.000 sebelum memasuki area Bukit Barede.

Lokasi

Lokasi Bukit Barede yakni berada di Dusun Sendaren dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Petunjuk Jalan Menuju Bukit Barede

Karena lokasi Bukit Barade ini terletak di dekat candi Borobudur sekitar 2 km, dan lokasinya memang agak terpelosok. Namun jangan khawatir karena akses jalan menuju ke lokasi cukup baik. Bila dari ruang parkir wisata Borobudur anda dapat mengambil jalur ke arah barat menuju Purworejo.

Hingga tiba di perempatan Bangsongan atau gardu londho belok kiri sampai di persimpangan jalan atau Sd Ringin Putih maka ambillah jalan ke arah kanan.

Lokasi Bukit Barede hampir sampai, maka teruskan saja sampai ketemu dengan gapura Selamat Datang Di Desa Karangrejo. Ikuti jalan tersebut sampai persimpangan belok kiri lanjut hingga tiba di tempat parkir Bukit Barede.

BACA JUGA:Ini Doa Keindahan Alam yang Sangat Menajubkan di Ketap Pass Magelang

Demikian pembahasan kita mengenai tempat wisata yang satu ini, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: