Mungkin Anda Pernah Mengalaminya! 7 Emosi Aneh yang Sering Terjadi Pada Manusia

Mungkin Anda Pernah Mengalaminya! 7 Emosi Aneh yang Sering Terjadi Pada Manusia

Emosi aneh yang sering dialami manusia--

DISWAYJATENG – Sebagai manusia kadang pernah merasaka emosi aneh yang terjadi. Emosi tersebut kadang menurut sebagian orang sebagai hal yang tidak masuk akal.

Emosi diartikan sebagai perubahan dalam perilaku dan psikologis seseorang sebagai respons terhadap beberapa jenis rangsangan atau stimulus. Rangsangan yang diterima umumnya bersifat eksternal yang menyangkut sebuah peristiwa atau interaksi. Disamping itu adapula rangsangan yang bersifat internal, seperti pikiran atau sensasi fisik.

Sedih, marah, dan gembira merupakan bentuk emosi yang sering kita alami secara sadar dan semua orang pasti mengenalinya.  Akan tetapi, ada beberapa jenis emosi lain yang terkesan unik dan aneh. Jenis emosi ini juga sering kita rasakan baik secara sadar maupun tidak. Sayangnya tak banyak orang yang memahami tentang istilah dari emosi aneh ini.

Lantas, seperti apa penjelasan tentang emosi aneh tersebut? Berikut tujuh di antaranya.

1.    Dejavu

Emosi aneh yang satu ini pasti pernah kamu rasakan dalam berbagai momen tertentu. Dejavu akan membuat kamu berfikir telah mengulangi suatu kejadian yang sebenarnya belum pernah dialami. Misalnya, saat kamu pergi ke suatu tempat dan merasa bahwa tempat itu pernah dikunjungi sebelumnya, padahal kamu baru pertama kali ke sana.

Dejavu biasanya terjadi akibat gangguan sirkulasi otak. Kondisi ini membuat otak salah merespon kejadian yang sedang berlangsung. Seharusnya apa yang kamu lihat sekarang disimpan di memori jangka pendek, tetapi otak malah membawanya ke ingatan jangka panjang. Akibatnya, kamu merasa hal yang baru pertama kali terjadi sebagai pengalaman di masa lalu.

2.    Krisalisme

Krisalisme merupakan suatu emosi yang menimbulkan rasa tenang, hangat, serta damai ketika berada dirumah tetapi diluar sedang hujan deras. Emosi ini bisa disamakan dengan perasaan seperti Anda kembali ke dalam rahim, dan karenanya diberi label "krisalisme".

3.    Liberosis

Liberosis merupakan keinginan untuk tidak terlalu peduli tentang berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Dengan kata lain liberosis merupakan gambaran bentuk emosi dan keinginan untuk benar-benar tidak peduli terhadap suatu hal.

Selain itu, seseorang yang mengalami liberosis tidak lagi melirik atau mengingat ke belakang tentang hal yang terjadi di hidupnya. Mereka cenderung cuek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar, atau disebut juga "bodo amat".

Liberosis juga menjadi salah satu emosi aneh yang sering dirasakan oleh manusia, terutama pada orang-orang yang banyak mengalami kegagalan dan frustasi dengan kehidupan. Tak hanya itu, faktor umur juga memicu seseorang mengalami liberosis. Saat beranjak dewasa, biasanya kita akan mengabaikan hal-hal tak penting untuk mengurangi beban pikiran.

4.    Anekdot

Anekdot merupakan sebuah emosi yang muncul ketika semua orang dalam suatu kelompok berbicara namun tak ada yang mau mendengarkan satu sama lain. Pada akhirnya semua

orang akan terdiam akibat kehabisan kata-kata.

5.    Jouska

Jouska diartikan sebagi percakapan hipotesis yang terjadi hanya di dalam kepala seseorang. Baik itu sebuah analisis, dialog, atau opini lainnya. Hipotesis ini seringkali bertengkar dengan diri sendiri karena adanya perbedaan pendapat.

Misalnya saat kamu berfikir untuk membeli sebuah barang dengan harga yang mahal, tetapi hipotesis di otak melarangmu untuk membeli barang tersebut. Adanya perbedaan pendapat inilah yang membuat kamu terus bertengkar dengan pikiran sendiri.

6.    Ellipsism

Ellipsism merupakan perasaan sedih yang muncul secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Hal ini membuat Anda berfikir bahwa hidup tak akan lama lagi.

7.    Onism

Onism merupakan sebuah emosi yang seringkali dialami ketika kamu sedang berpergian. Saat itu kamu menyadari bahwa dunia sangat besar dan hanya mampu menjelajah sebagian kecil dari besarnya dunia ini.

Sehingga, onism dapat dikatakan sebagai sebuah emosi yang menunjukkan kesedihan karena keinginan dan tujuan yang tidak dapat dipenuhi atau dicapai sebelum akhir hayat. Itulah tadi pembahasan tentang enam jenis emosi aneh yang sering dirasakan oleh manusia.

BACA JUGA:Menjijikkan! Ini Daftar Makanan Aneh di Dunia, Tertarikkah Anda?

Sebagian isi artikel ini melansir dari laman psychologytoday.com dan brainacademy.id. Semoga bermanfaat! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: