Ini Dia Sejarah yang Harus Kalian Ketahui Tentang Candi Mendut

Ini Dia Sejarah yang Harus Kalian Ketahui Tentang Candi Mendut

Ini Dia Sejarah yang Harus Kalian Ketahui Tentang Candi Mendut-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Belajar sejarah adalah suatu pengetahuan untuk kita mengenai cerita yang ada pada zaman dahulu, apalagi selain belajar pengetahun juga bisa sekalian berlibur.

Walaupun banyak wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Magelang, tetapi mengunjungi Candi Mendut adalah hal yang harus kita datangi karena kaya akan sejarah dan daya tariknya.

Wisata sejarah Candi Mendut sangat recommended dikunjungi, salah-satu alasannya untuk melengkapi pengetahuan dan pemahaman kita akan sejarah dan peradaban di masa lampau. Candi Mendut adalah pesona wisata sejarah di Magelang selain dari kemegahan Candi Borobudur.

Memang betul bahwa Candi Borobudur lebih menyita perhatian wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Berikut adalah berbagai daya tarik serta sejarah yang ada di wisata Candi Mendut ini, antara lain:

Wisata Sejarah yang Edukatif

Candi Mendut sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga sekaligus destinasi wisata sejarah yang edukatif di Magelang. Relief yang ada di Candi Mendut menjadi isyarat tentang nilai filosofis yang sangat mendalam, dengan kata lain Candi Mendut menjadi salah-satu gerbang untuk memahami peradaban, dan sejarah di masa lampau.

Sejarah Adanya Candi Mendut

Sejarah Candi Mendut sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti tentang dimensi sejarahnya secara komprehensif, jejak sejarahnya hanya mengacu kepada sebuah prasasti yang bernama Prasasti Karang Tengah yang berangka 824 M.

Candi Mendut dibangun oleh Raja Indra pada masa atau Dinasti Syailendra, hanya saja angka tahun pembangunan awal Candi Mendut masih belum diketahui secara pasti, namun diduga sama atau bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Candi Mendut mulai ditemukan pertamakali pada1836 tetapi penemuannya tidak utuh dan tanpa atap, upaya pemugaran pertama dilakukan dari 1897-1904, dan pemugaran selanjutnya pada 1908 dan 1925.

Saat ini fungsi Candi Mendut selain sebagai destinasi wisata sejarah di Magelang, di sisi lain sebagai tempat beribadah umat Buddha, jadi para pengunjung harus bisa menjaga etika saat berkunjung ke kawasan Candi Mendut ini.

Bangunan Candi yang Sangat Bersejarah

Karakteristik Candi Mendut berbeda dengan candi-candi lainnya, karena di kawasan tersebut hanya ada satu candi saja. Candi Mendut berbentuk segi empat dengan ketinggian 26,40 meter, dan di sekeliling Candi Mendut berupa hamparan rumput hijau kemudian pepohonan besar yang memberikan keteduhan bagi para pengunjung.

Jam Buka

Wisata Candi Mendut buka setiap hari dan mulai dari pukul 07.00 hingga 19.00 waktu setempat.

Fasilitas

Fasilitas di wisata Candi Mendut yakni tersediannya area parkir, toilet, jasa pemandu wisata, toko souvenir dan warung makan dan minuman.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ketempat maka harus membeli tiket masuk Candi Mendut yakni Rp5.000 per orang, sedangkan parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000.

Lokasi

Untuk lokasi Candi Mendut terletak di Jalan Badrawat, lebih tepatnya berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Petunjuk Jalan Menuju Candi Mendut

Jalan menuju Candi Mendut bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran Candi Mendut. Kondisi jalannya juga bagus serta tidak sulit karena letak Candi Mendut berada di samping jalan utama.

Jika pemberangkatan awal anda dari Malioboro Jogja, maka jarak tempuh menuju Candi Mendut Magelang sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

BACA JUGA:Ini Dia Keunikan Curug Silawe dan Sigong yang Ada di Magelang

Demikian pembahasan kita mengenai ringkasan sejarah dan daya tarik yang ada di wisata Candi Mendut, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: