11 Rekomendasi Wisata di Pangandaran yang Mempesona

11 Rekomendasi Wisata di Pangandaran yang Mempesona

wisata--11 Rekomendasi Wisata di Pangandaran yang Mempesona

DISWAYJATENG.ID - Kawasan Pangandaran tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan lokal maupun asing. Selain akses yang mudah, biaya yang murah, ditambah dengan pesona alam yang indah merupakan magnet tersendiri untuk wisatawan.

Namun apakah kamu tahu bahwa wisata Pangandaran tidak melulu didominasi oleh pantai-pantainya saja, melainkan ada banyak tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Seperti air terjun, sungai, goa, bahkan tempat berkemah.

Segera simak apa saja lokasi wisata yang ada di kawasan Pangandaran yang bisa kamu masukkan dalam bucketlist wisatamu.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran

 

BACA JUGA: 

Bagi Anda yang Ingin Menikmati Keindahan Telaga di Indonesia, Inidia Deretannya. Nomor 2 Dijamin Nagih

 

 

1. Curug Citumang

 

Air terjun yang membelah hutan ini masih belum banyak diketahui wisatawan. Hal ini karena lokasinya yang cukup terpencil dan susah dijangkau. Meski begitu, akses ke arah Curug Citumang sudah terbilang bagus dengan jalan beraspal. Kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa ojek untuk bisa sampai ke lokasi.

Terletak di bagian barat Desa Bojong, Pangandaran, Curug Citumang ini sebenarnya merupakan tempat wisata yang hits dan recomended banget. Di sana kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti berenang, berendam, body rafting, atau sekedar bersantai menikmati indahnya suara percikan air.

 

2. Curug Jambe Anom

 

Berada di kawasan Purbahayu, Pangandaran, curug ini masih bagian dari daerah Ciamis. Meskipun tempat wisata yang satu ini belum banyak diekspos, tapi Curug Jambe Anom sudah kerap dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan dan pesona Curug Jambe Anom sambil bersantai atau pun bermain air bersama teman juga keluarga. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang butuh ketenangan dan ingin bersatu dengan alam. Cocok banget untuk menenangkan hati dan pikiran.

 

3. Curug Luhur

Curug Luhur artinya dalam Bahasa Sunda adalah air terjun tinggi. Di sini kamu akan mendapati air terjun yang bertingkat dan bercabang yang menjadikannya begitu unik serta menarik dibandingkan curug lainnya yang ada di Pangandaran..

Dikelilingi oleh lebatnya hutan dan dipenuhi pepohonan tinggi, menjadikan suasana wisata Curug Luhur sejuk dan cenderung berhawa dingin. Ada banyak spot yang instagramable yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen saat berada di Curug Luhur.

 

4. Cukang Taneuh

 

Cukang Taneuh atau terkenal dengan julukan Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu wisata Pangandaran yang paling populer dan dijuluki sebagai ‘Green Canyon’. Terletak di daerah Kertayasa, Pangandaran, wisata ini menawarkan sejuta keindahan alamnya yang menakjubkan layaknya di Green Canyon.

Jika ingin ke sana, maka kamu harus menyewa perahu kayuh yang berlabuh dari dermaga Ciseureuh. Memakan waktu sekitar 45 menit, perahu kayuh akan melewati sungai yang airnya jernih kehijauan. Selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan tebing-tebing bebatuan yang tinggi menjulang berwarna hijau.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Green Canyon ini antara lain berenang, berendam, body rafting, memancing, bahkan kamu pun bisa melakukan kegiatan panjat tebing. Tapi tentu harus diawasi oleh guide lokal yang berpengalaman ya.

 

5. Batu Lumpang Garden

 

Batu Lumpang Garden masih terbilang destinasi wisata Pangandaran yang baru. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, sebab lokasi Batu Lumpang Garden cukup mudah diakses. Pengunjung sudah dapat memasuki area ini dengan berjalan kaki.

Berlokasi di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu, Batu Lumpang Garden atau Grand Cliff, Batu Lumpang Garden masuk dalam tujuan wisata yang banyak diincar pengunjung. Selain menawarkan pemandangan yang menarik, wisata ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu terdapatnya batuan kapur yang menghampar di sekitarnya.

 

6. Goa Sinjang Lawang

 

Sinjang dalam Bahasa Sunda berarti sarung. Berada di Dusun Parinengan, desa Jadimulya, Langkap Lancar, goa ini memiliki panjang 500 meter lebar 65 meter, dan didalamnya terdapat aliran air sungai yang membelah goa.Diberi nama Sinjang Lawang karena di dalam goa terdapat sebuah batu yang berukir batik dan berada di mulut goa. Batu ini jadi ciri khas tersendiri kala berkunjung ke Goa Sinjang Lawang. Untuk bisa melewati goa ini, kamu harus berenang sambil memakai pelampung, jangan lupa siapkan head lamp, helm, dan ban karet untuk pengaman.

 

7. Pantai Batu Karas

 

Inilah salah satu objek wisata paling populer yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Pangandaran. Pantai Batu Karas merupakan tempat favorit bagi kamu penggila olahraga selancar air.

Walaupun pasirnya yang berwarna kehitaman tapi tak mengurangi keindahan Pantai Batu Karas. Ditambah deburan ombak laut yang tinggi dan ganas, merupakan tantangan yang mesti ditaklukkan bagi peselancar baik dari dalam maupun luar negeri. Tempat yang asyik untuk uji kebolehan berselancar!

Di Pantai Batu Karas ini juga disediakan beraneka jasa penyewaan barang untuk keperluan renang seperti ban, pelampung, banana boat, dan lain-lain. Untuk bermalam, sangat direkomendasikan untuk mencari penginapan di sini, selain harga yang murah, kamar yang bersih, lokasinya yang dekat pantai juga akan memudahkan acara liburanmu.

 

8. Pantai Pasir Putih

 

Pangandaran identik dengan Pantai Pasir Putih yang sudah mendunia. Berada di kawasan Cagar Alam Pananjung, Kabupaten Ciamis, pantai ini menawarkan segudang pesona yang tidak akan mampu kamu lupakan.

Di Pantai Pasir Putih ini, beragam aktivitas bisa kamu lakukan, antara lain berenang, snorkeling, diving, atau sekedar bersepeda menyusuri pinggiran pantai. Perlu diingat wisata Pantai Pasir Putih ini hanya buka sampai pukul 5.00 sore, jadi sebaiknya atur rencanamu agar tidak kecewa jika datang kesana hanya menikmati waktu sebentar saja.

 

9. Jebulan

 

Jebulan Cigugur berlokasi di Cigugur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ini merupakan aliran sungai dengan air kehijauan yang jernih. Untuk bisa menikmati indahnya alam Jebulan, kamu harus siap sedia untuk menghadapi perjalanan yang menantang adrenalin dan menguji nyali.

Arus yang deras dan medan yang cukup terjal serta curam akan menjadi kawan perjalananmu ke sini. Agar petualanganmu tetap nyaman, jangan lupa siapkan bekal logistik, obat-obatan pribadi, dan tentunya uang tunai sebagai pegangan.

 

10. Pantai Madasari

 

Pantai ini berada di dusun Madasari, Desa Masawah, sebelah barat Kabupaten Pangandaran. Pantai ini menawarkan pemandangan yang memesona dan bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, area parkir, dan warung makan. Bahkan kamu juga bisa mendirikan kemah dan bermalam di pantai ini.

 

11. Pantai Batu Hiu

 

Selain beberapa pantai yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Batu Hiu juga termasuk wisata Pangandaran yang tak boleh dilewatkan. Pantai yang terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran Selatan ini merupakan andalan Provinsi Jawa Barat.

 

Namun perlu kamu ketahui, di wilayah ini pengunjung dilarang berenang ya. Selain ombak yang tinggi dan deras, angin yang berhembus juga sangat kencang, sehingga membahayakan orang-orang yang berada di dekatnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: 11 rekomendasi wisata di pangandaran yang mempesona