Rasakan Sensasi Klepon Yang Penuh Balutan Gula Aren, Dijamin Lezat dan Nagih

Rasakan Sensasi Klepon Yang Penuh Balutan Gula Aren, Dijamin Lezat dan Nagih

Jajanan Klepon: Balutan Gula Aren yang Lezat--

DISWAYJATENG.ID - Anda wajib rasakan sensasi makanan klepon denngan balutan gula aren, pastinya lezat dan bikin nagih. Klepon adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa unik dan kenikmatan tersendiri. Makanan ini seringkali dijumpai dalam acara-acara khusus, seperti perayaan hari besar atau kegiatan adat.

Klepon memiliki ciri khas bola-bola ketan berwarna hijau dengan isian gula aren dan dilumuri dengan kelapa parut. Makanan tradisional ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kuliner nusantara yang perlu dijaga dan dilestarikan kelezatannya.

Bahan Utama dan Proses Pembuatan Klepon

Klepon terbuat dari beberapa bahan utama, antara lain

1. Tepung Ketan

Tepung ketan adalah bahan dasar utama dalam pembuatan Klepon. Ketan direndam, ditiriskan, dan kemudian digiling hingga halus menjadi tepung ketan.

2. Daun Pandan

Daun pandan digunakan untuk memberikan warna hijau alami pada adonan Klepon dan juga memberikan aroma khas yang sedap.

3. Gula Aren

Gula aren merupakan bahan isian yang memberikan rasa manis khas Klepon. Gula aren yang telah diiris tipis kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil sebagai isi Klepon.

4. Kelapa Parut

Kelapa parut digunakan untuk melumuri Klepon setelah dimasak. Kelapa parut yang telah dipanggang hingga garing memberikan cita rasa gurih yang melengkapi kenikmatan Klepon.

Proses Pembuatan Klepon

1. Tepung ketan dicampur dengan air perasan daun pandan hingga adonan tercampur rata dan menghasilkan warna hijau alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: