MPLS, Ratusan Siswa SMA Negeri 1 Bojong Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

MPLS, Ratusan Siswa SMA Negeri 1 Bojong Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Ketua PPDB Iwan Widianto, GM Radar Tegal M Sekhun, Wapimred Radar Tegal Wawan Setiawan foto bersama ratusan siswa saat MPLS di SMA Negeri 1 Bojong, Kecamatan Bojong, Selasa 18 Juli 2023.-Maewan Dani Ristanto-jateng.disway.id

BOJONG, DISWAY JATENG - Sebanyak 288 siswa baru antusias mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dengan materi etika bermedia sosial dan jurnalistik di SMA Negeri 1 Bojong, Kecamatan Bojong, Selasa 18 Juli 2023.

 

Pelatihan jurnalistik itu menghadirkan narasumber GM Radar Tegal M Sekhun dan Wapimred Radar Tegal Wawan Setiawan. Siswa tertarik dengan materi yang diberikan narasumber.

 

GM Radar Tegal M Sekhun menyampaikan materi tentang etika bermedia sosial di era digital. Karena kemajuan teknologi bukan jadi pilihan, tapi kenyataan yang harus dihadapi.

BACA JUGA:Ini yang Perlu Orang Tua Lakukan Mempersiapkan Anak Memasuki Sekolah Dasar, Penting!

Dijelaska, bahwa bermedia sosial harus berhati hati dan jangan sembarangan dalam menguploud data diri. Karena bisa jadi itu menjadi incaran hacker, sehingga bisa diakses data diri penguna atau pemilik medsos.


--

Karena tidak dipungkiri saat ini semua sudah memiliki media sosial, seperti Facebook, Instagram, tik tok dan lainya. Selain itu juga bermedia sosial harus berhati hati jangan sampai terjerat UU No. 19 tahum 2016 tentang ITE. Sebab salah menyebarkan informasi bohong bisa terjerat UU tersebut, dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

 

"Ada 5 cara utk menjaga kita tetal beretika di media sosial, dan itu harus kita ingat-ingat terus. Berhati hatilah dalam bermedsos, bisa jadi jarimu harimaumu," tegasnya.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Sekolah Unik yang Ada di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Wapimred Radar Tegal Wawan Setiawan menambahkan selain etika bermedia sosial, siswa harus mengetahui juga tentang jurnalistik. Karena setiap hari selalu bersingungan dengan berita dan informasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id