Bagaimana Cara Tentara Mencukupi Gizinya di Medan Tempur? Ransum Makanan Khusus Tentara

Bagaimana Cara Tentara Mencukupi Gizinya di Medan Tempur? Ransum Makanan Khusus Tentara

ransum--Bagaimana Cara Tentara Mencukupi Gizinya di Medan Tempur? Ransum Makanan Khusus Tentara

DISWAYJATENG.ID - Apakah ransum itu? Pernahkah kamu membayangkan terjebak berhari-hari di hutan dalam situasi perang yang mencekam? Pada saat-saat seperti itu, apakah makanan yang ingin kamu makan?

Tentunya pada saat seperti itu orang-orang menginginkan sesuatu yang praktis namun tetap memenuhi asupan gizi agar energi yang tersimpan cukup untuk menghadapi kondisi seperti itu.

Hal tersebut yang dialami para prajurit bukan hanya ketika berada di medan perang, namun ketika ditugaskan di medan yang berat. Ransum adalah jawaban untuk memenuhi asupan gizi TNI.

Ransum TNI adalah salah satu kebutuhan logistik bagi seorang prajurit TNI pada saat menjalani operasi militer. Hal itu dikatakan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kasuspen) Laksamana Muda (Laksda) Kisdiyanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/3/2023). 

BACA JUGA: 

Rekomendasi Restoran Babi Guling yang Paling Ramai Dikunjungi Turis di Bali

 

 

Ia mengungkapkan, Ransum TNI memiliki nilai kalori yang besar serta nutrisi yang tinggi untuk mendukung performa seorang prajurit TNI. Terlebih, dalam kondisi peperangan yang berlangsung lama. "Bentuk dan kemasannya sangat praktis sehingga dapat dibawa oleh setiap prajurit dalam jumlah yang cukup banyak sesuai lamanya operasi atau latihan," ujarnya. 

Untuk memberikan tambahan cita rasa pada menu tempur ini, Tentara Nasional Indonesia meramu bermacam resep lokal. Setidaknya untuk urusan kreasi jenis-jenis rasanya, dibanding militer negara lain paket ransum ini patut dibanggakan.

Menurut berbagai sumber yang dihimpun melalui internet, ransum makanan yang khusus untuk dikonsumsi serdadu di medan perang beberapa tahun terakhir meraih popularitas penjualan di dunia maya.

Popularitas ini berasal dari dua aspek penting: ransum adalah sumber gizi dan makanan instan praktis untuk mereka yang sedang tidak memiliki waktu untuk memasak.

Di sisi lain, makanan medan tempur dan operasi ternyata juga punya peminat khusus, yakni penggemar segala sesuatu yang berhubungan tentara dan militer. Beberapa youtuber terkenal dari berbagai macam negara juga sempat mereview kelezatan ransum tentara cita rasa Indonesia ini.

 

 

Lantas, apa saja jenis-jenis Ransum TNI? Jenis dan kode Ransum TNI Berikut jenis-jenis Ransum TNI: 

1. Ransum T2P 

Jenis ini terdapat enertab, berbagai nasi dan lauk, lengkap dengan kompor dan lilin untuk memasak. 

2. Ransum T2SP 

Terdiri dari nasi ayam bumbu rujak, nasi daging lada hitam, dan nasi ikan saus tomat. 

3. Ransum TB-1 

Berisi kudapan, dalam jenis ini bukan menu nasi melainkan biskuit tanpa tambahan topping atau pemanis. 

4. Ransum T2PJ 

Berisi makanan instan yang terdiri dari beberapa menu, mulai dari nasi kuning ayam, nasi kebuli daging, sup krim jagung, dan nasi laksa ikan. 

5. Ransum FD3 

Merupakan susu bubuk yang dicampur dengan sereal.

Kapendam: Salah Paham Khusus untuk TNI Sesuai aturan, menurut Kisdiyanto, ransum tersebut khusus untuk TNI. Terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari mengatakan, Ransum TNI diproduksi oleh Badan Pembekalan (Babek) TNI. Menurutnya, Ransum TNI diproduksi khusus untuk kepentingan prajurit TNI sehingga tidak diperjualbelikan. 

Nah jadi sudah tahu kan seperti apa sih makanan medan tempur prajurit kebanggaan kita? Pelaksanaan tugas operasi baik militer dan non-militer perlu dipersiapkan dengan dukungan logistik yang baik.

 

Bagi yang penasaran dengan seperti apa rasa ransum TNI dan ingin mencoba secara langsung, silahkan temukan di beberapa marketplace, tapi buat yang punya kerabat bahkan keluarga dari TNI. Pasti sudah sering ya merasakan makanan kaleng yang sekarang sudah tersaji dengan berbagai menu dari seluruh nusantara.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bagaimana cara tentara mencukupi gizinya di medan tempur? ransum makanan khusus tentara