Ini Dia Penyebab Ketombe Basah dan Cara Menanganinya

Ini Dia Penyebab Ketombe Basah dan Cara Menanganinya

Penyebab Ketombe basah --

DISWAYJATENG.ID - Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sangat umum; separuh penduduk dunia yang berusia dewasa pernah mengalami masalah ketombe. Ada berbagai faktor yang membuat masalah ketombe muncul, seperti faktor cuaca, hadirnya jenis jamur tertentu, gaya hidup, sampai ke stres.

Ketombe sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Ketombe kering ditandai dengan kulit kepala yang kering dan terasa gatal. Saat kulit kepala digaruk, akan ada lapisan kulit kepala yang mengelupas menjadi serpihan-serpihan berukuran kecil dan berwarna putih terlepas.

Sedangkan ketombe basah terjadi di kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka minyak berlebih ini, ditambah dengan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel, akan membentuk semacam endapan di kulit kepala. Endapan inilah yang kemudian menjadi ketombe basah, ditandai dengan serpihan yang berukuran lebih besar, berwarna kekuningan, dan menempel di kulit kepala.

Dilansir dari laman CNN Indonesia Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ketombe basah, berikut beberapa di antaranya.

1. Dermatitis seboroik

Ketombe basah bisa muncul disebabkan minyak berlebih yang menumpuk. Hal ini bisa terjadi jika Anda jarang keramas atau karena memang memiliki jenis kulit kepala atau rambut berminyak.

Kondisi kulit seperti dermatitis seboroik juga dapat menyebabkan terjadinya ketombe basah. Merujuk Healthline, dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang mengiritasi dan meradang kulit kepala.

Hal ini dapat terjadi akibat reaksi alergi atau merupakan gejala dari kondisi autoimun.

2. Kondisi kulit

Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis dapat menyebabkan bercak merah dan bersisik di kulit kepala yang mengakibatkan munculnya ketombe basah.

Kedua kondisi ini merupakan gangguan yang berhubungan dengan disfungsi imun.

3. Genetika

Selain karena kondisi kulit seperti yang disebutkan di atas, keturunan merupakan faktor yang sangat memengaruhi seseorang mengalami jenis ketombe basah.

Minyak yang dihasilkan kelenjar kepala dan seberapa tebal rambut Anda dapat memengaruhi munculnya ketombe basah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ketombe