Waspada! Inilah Ciri Ciri Penyakit Amandel, Pahami dan Kenali

Waspada! Inilah Ciri Ciri  Penyakit Amandel, Pahami dan Kenali

ciri penyakit amandel--

DISWAYJATENG.ID - Penyakit amandel atau dengan nama lain tonsilitis, adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada amandel, yaitu jaringan di belakang tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri umum Penyakit amandel:

 

  1. Nyeri Tenggorokan
    Salah satu gejala paling umum dari penyakit amandel adalah nyeri atau sakit tenggorokan. Rasa sakit ini bisa ringan sampai parah dan seringkali memburuk saat menelan. Nyeri tenggorokan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan sulit untuk makan atau minum.

  2. Pembengkakan dan Merah
    Amandel yang terkena penyakit akan terlihat membengkak dan merah. Pembengkakan ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua amandel. Warna merah pada amandel terjadi akibat peradangan yang terjadi akibat infeksi.

  3. Adanya Bintik-bintik Putih atau Kuning
    Pada beberapa kasus, penyakit amandel bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik putih atau kuning pada permukaan amandel. Bintik-bintik ini bisa berupa plak atau nanah yang menumpuk dan terlihat seperti lapisan berlekuk pada amandel.

  4. Sakit saat Menelan
    Peradangan pada amandel bisa menyebabkan nyeri saat menelan makanan atau minuman. Penderita seringkali merasakan sensasi seperti ada yang menghalangi atau mengganggu saat menelan.

  5. Pembesaran Kelenjar Getah Bening
    Penyakit amandel juga bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di leher. Kelenjar getah bening yang terkena akan terasa keras dan nyeri saat disentuh. Pembesaran kelenjar getah bening adalah respon tubuh dalam melawan infeksi.

  6. Demam
    Banyak penderita penyakit amandel mengalami demam sebagai gejala tambahan. Demam biasanya terjadi ketika infeksi bakteri atau virus mempengaruhi amandel. Demam dapat meningkatkan suhu tubuh, mengakibatkan kelelahan, dan menggigil.

  7. Nafsu Makan Menurun
    Kondisi nyeri dan sakit tenggorokan yang dialami oleh penderita penyakit amandel seringkali membuat mereka kehilangan nafsu makan. Sulit makan dan minum karena rasa sakit saat menelan bisa menyebabkan penurunan nafsu makan.

  8. Batuk dan Pilek
    Beberapa penderita penyakit amandel juga dapat mengalami gejala batuk dan pilek. Ini terjadi ketika infeksi menyebar ke saluran pernapasan atas, menyebabkan produksi lendir, hidung tersumbat, dan batuk.

  9. Suara Serak
    Peradangan pada amandel dapat mempengaruhi pita suara, menyebabkan suara serak atau tidak normal. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan di sekitar amandel yang dapat mengganggu produksi suara yang normal.

 

Penting untuk diingat bahwa gejala penyakit amandel dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin meresepkan antibiotik jika infeksi bakteri menjadi penyebabnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: