Gak Perlu Anda Masak! Ini Tanaman yang Nikmat Menjadi Lalapan, Anda Pasti Ketagihan

Gak Perlu Anda Masak! Ini Tanaman yang Nikmat Menjadi Lalapan, Anda Pasti Ketagihan

Beberapa jenis tanaman ini sangat cocok anda jadikan sebaga lalapan.--

DISWAYJATENG – Hampir semua orang tahu dan suka akan lalapan. Sebagai pelengkap menu utama, lalapan menjadi penunjang dalam menyantap sebuah makanan.

Lalap atau lalapan sering  menjadi konsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai pendamping makanan utama. Lalapan adalah sayuran mentah yang bisa dikonsumsi tanpa harus anda masak. Lalapan cukup anda cuci bersih dan  bisa langsung anda nikmati.

Lalapan juga bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan karena banyak mengandung serat dan juga bisa meningkatkan antioksidan tubuh.

Mengutip dari Sehatqu, belum banyak yang tahu ada beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan. Lala, apa saja tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan? Berikut daftar tanaman yang bisa anda jadikan lalapan:

1.    Kacang Panjang

Kacang panajng selain bisa dimasak dahulu dijadikan sayur, juga bisa langsung dimakan mentah sebagai lalapan, lo.

Pilihlah kacang panjang yang masih muda dan segar untuk lalapan. Kacang panjang enak dijadikan lalapan karena bertektur renyah dan manis.

2.    Daun Pohpohan

Daun pohpohan ini sekilas mirip dengan kemangi. Tapi daun pohpohan mempunyai tepi daun yang bergerigi dan permukaan daunnya yang kasar.

Daun pohpohan bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan dan mempunyai manfaat untuk mengurnagi nyeri otot dan menurunkan risiko kanker.

3.    Daun Pegagan

Daun pegagan sering ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan atau pekarangan.

Meskipun salah satu tumbuhan liar, daun pegagan ternyata bisa dijadikan lalapan yang segar, lo.

Daun pegagan selain segar dijadikan lalapan, bisa juga membawa manfaat seperti meningkatkan antioksidan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4.    Daun Selada

Selada juga populer dijadikan lalapan yang menyegarkan. Selada mengandung mineral, kalsium, fosfor, serat, dan protein. Pilihlah daun selada yang segar dan cuci bersih sebelum dijadikan lalapan.

5.    Daun Kemangi

Daun kemangi juga salah satu lalapan yang populer. Banyak orang yang memilih kemangi sebagai lalapan karena aromanya yang khas.

Selain bisa dimakan mentah, daun kemangi juga bisa dijadikan penambah aroma saat memasak pepes agar lebih harum.

6.    Daun Dewa

Tanaman ini selain bisa dijadikan tanaman hias, ternyata bisa dimakan mentah dan dijadikan lalapan, lo. Pilihlah daun dewa yang masih muda untuk dijadikan lalapan. Di sisi lain daun dewa mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas.

7.    Daun Genjer

Mirip dengan selada air yang bisa dijumpai di tanah berair, daun genjer juga termasuk sayuran lokal yang bisa dimakan mentah. Tanaman ini mudah dijumpai di pedesaan karena tumbuh di area pinggir sawah, rawa-rawa, dan kolam berlumpur (empang). Teksturnya memang agak keras, tapi cukup crunchy saat disantap mentah sebagai teman makan sambal.

Daun genjer juga kaya akan nutrisi, seperti kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfot dan zat besi. Sebagai sayuran, daun dan batangnya juga kaya akan serat yang bisa menjaga saluran sistem pencernaan tetap sehat. Bahkan jika rajin mengonsumsi sayuran ini akan menjauhkan kalian dari kanker, anemia, penyakit pencernaan, dan mengontrol gula darah.

8.    Daun Jambu Mete

Daun jambu mete juga bisa dijadikan lalapan dan dimakan mentah, lo. Pilihlah daum jambu mete yang masih masih mudah, cuci, lalu makan sebagai lalapan.

Daun jambu mete rasanya renyah ketika digigit dan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan.

9.    Kenikir

Berikutnya ada daun kenikir yang juga bisa dikonsumsi secara mentah. Akan tetapi rasanya yang agak pahit membuat beberapa orang kurang menyukainya dengan dimakan langsung. Meskipun begitu, ada segudang manfaat kesehatan lho dari daun yang sering disebut juga sebagai ulam raja ini.

Dengan bentuk daun yang mempunyai bentuk membujur serta ada tangkai yang cukup panjang, kenikir sudah dipakai dalam pengobatan di masa lalu. Kandungan nutrisi baiknya

antara lain seperti saponin, plavanoid, minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A. Manfaat yang bisa diperoleh adalah mengatasi sakit pencernaan, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

10. Daun Kelor

Daun tanaman pohon kelor sekarang kembali naik daun seiring bukti ilmiah yang menyatakan bahwa daun ini sangat bermanfaat. Sejak lama daun kelor digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional sekaligus bahan makanan sehat. Di dalamnya terkandung vitamin C setara 7 kali jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 4 kali vitamin A dalam wortel.

Selain itu daun kelor juga mengandung antioksidan yang pastinya bagus menangkal radikal bebas dan peradangan. Untuk menikmati khasiatnya kamu bisa membuatnya jadi

ramuan herbal bubuk, seduhan teh, atau sayur tumis. Daun kelor yang berbentuk kecil-kecil ini juga cukup nikmat dimakan mentah sebagai lalapan bersama sambal.

BACA JUGA:Tauge, Sederhana Namun Ternyata Sangat Nikmat! Ini Resepnya

Nah, itulah jenis tanaman yang bisa anda jadikan sebagai lalapan tanpa perlu anda masak terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencuci bersih sebelum anda konsumsi. Selamat mencoba. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: