Batu Next Level! Berikut 7 Batu Mulia Termahal di Dunia, Harganya Sampai Miliaran

Batu Next Level! Berikut 7 Batu Mulia Termahal di Dunia, Harganya Sampai Miliaran

Ilustrasi Jenis Batu Termahal di Dunia--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Selain emas, batu mulia menjadi simbol kekayaan bagi orang kaya. Mereka mengoleksi berbagai batu mulai sebagai investasi dan tabungan. Selain itu, batu mulia juga menjadi perhiasan yang menunjukkan status sosial.

Tak mengherankan jika para penambang harus berburu batu mulia dari pegunungan hingga ke lembah. Mereka harus menjelajahi wilayah terpencil untuk menemukan batu mulia tersebut. Semua itu demi uang dalam jumlah besar.

Berikut merupakan nama-nama batu mulia termahal di dunia, apa saja? Yuk disimak!

1. Berlian Biru

Berlian biru dinobatkan sebagai batu permata termahal di dunia dengan harga jual mencapai US$3,93 juta atau Rp60,87 miliar per karat. Harganya yang mahal karena hanya ditemukan di beberapa tambang, seperti Cullinan, Afrika Selatan, Argyle, Australia, dan Golconda, India.

Berlian biru pertama kali ditemukan di Golconda, India pada 1666. Batu permata itu kemudian dibuat menjadi sebuah perhiasan bernama Hope Diamond dengan berat 45,52 karat.

2. Berlian Merah Muda

Seperti halnya berlian merah lainnya, warna berlian merah muda berasal dari cacat minor. Berlian ini kebanyakan ditambang di Argyle di Australia dan sangat dicari, namun harganya sangat mahal.

Pada Oktober 2022 lalu, berlian merah muda termahal di dunia terjual seharga 57,7 juta dollar AS atau sekitar Rp846,7 miliar yang di lelang di Sotheby's di Hongkong.

Dikenal sebagai Williamson Pink Star, berlian tersebut berbentuk cushion dan berwarna merah muda cerah tanpa cacat. Harga per karat berlian merah muda ini sekitar 1,19 juta dollar AS atau setara Rp17,4 miliar.

3. Jadeite

Jadeite artinya galat satu mineral yang umumnya dipasarkan menjadi batu giok , batu yg telah dihargai pada Cina, Selandia Baru, Mesoamerika, dan wilayah lain selama ribuan tahun. Mineral piroksen monoklinik, jadeite berwarna hijau cerah, padat, serta mempunyai kekerasan skala Mohs 6,lima sampai 7,0.

Salah satu permata termahal pada global, batu giok kualitas terbaik dapat dijual sampai $3 juta atau lebih kurang Rp42 miliar per zat oksidasi. Batu itu menjadi isu utama di tahun 2014 ketika kalung giok Hutton-Mdivani dijual seharga 27,44 juta dolar atau senilai Rp392 miliar di lelang Sotheby’s Hong Kong.

Kalung itu, yang mencakup 27 manik-manik besar, diberikan pada desainer aslinya, Cartier.

BACA JUGA:Inilah 7 Jenis Keju Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Dolar!

4. Berlian Merah

Berlian merah memiliki warna yang sangat langka dan sulit ditemukan. Saat ini, hanya ada sekitar 20-30 berlian merah yang eksis di dunia.

Berbeda dengan berlian lain yang warnanya disebabkan oleh adanya kotoran atau impuritas, untuk berlian merah dan merah muda, warna itu dihasilkan oleh cacat minor pada struktur kristalnya.

Berlian merah terbesar yang pernah terjual dibeli seharga 8 juta dollar AS atau sekitar Rp113 miliar.

5. Emerald

Emerald atau zamrud adalah batu permata yang menandakan batu kelahiran bulan Mei. Batu permata ini terkenal karena warna hijau yang memukau dan menjadi salah satu permata termahal di dunia.

Banyak emerald yang dijual memiliki sedikit cacat. Emerald yang sempurna sangat langka dan ketika ditemukan, harganya bisa sangat mahal.

Salah satu contoh emerald termahal adalah Rockefller Emerald berbobot 18,04 karat yang dibeli oleh John D. Rockefeller untuk istrinya.

Kemudian, batu ini terjual seharga 5,5 juta dollar AS dalam lelang yang diadakan Christie's. Harga per karatnya 305.000 dollar AS atau kira-kira Rp4,4 miliar.

6. Serendibite

Ditemukan pertama kali pada tahun 1902 di Sri Lanka, batu mulia ini terakhir kali terdeteksi di daerah Mogok, Myanmar. Serendibite adalah kombinasi dari kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron dan oksigen.

Meskipun tidak terlihat seperti batu berharga lainnya, serendibite benar-benar merupakan batu mulia yang langka. Bahkan sejauh ini, para penambang pernah menemukan batu ini 3 kali saja dengan ukuran di bawah satu karat.

Keindahan serendibite dapat memancarkan berbagai warna, biru tua, hitam, bahkan hijau. Khusus yang pernah ditambang dari Sri Lanka, batunya dapat memancarkan rona ungu kebiruan yang cantik.

7. Batu Zambrud

Ditandai sebagai batu kelahiran bulan Mei, batu yang terkenal ini adalah salah satu batu permata termahal di dunia. Dengan rona hijaunya yang menawan, tak heran jika batu zamrud telah menjadi batu berharga untuk menjadi perhiasan super mewah.

Banyak di pasaran yang menampilkan ketidaksempurnaan pada batu ini. Tetapi zamrud yang sempurna alias tanpa cacat, biasanya dijual dengan harga yang fantastis.

Salah satunya adalah Rockefeller Emerald dengan 18,04 karat yang dibeli oleh John D. Rockefeller untuk istrinya. Batu itu kemudian di pusat pelelangan Christie, dan dijual dengan harga 5,5 juta dolar AS.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber