Masih Muda tapi Sudah Botak? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Kebotakan pada Usia Muda

Masih Muda tapi Sudah Botak? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Kebotakan pada Usia Muda

Ilustrasi Kebotakan di Usia Muda--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Kebotakan dini, atau disebut juga kebotakan pada usia muda, merujuk pada kondisi di mana seseorang kehilangan rambutnya secara signifikan pada usia yang relatif muda, biasanya sebelum usia 40 tahun. Ini adalah kondisi yang umumnya terkait dengan alopecia, yang dapat memiliki beberapa jenis dan penyebab yang berbeda.

Kebotakan dini seringkali lebih umum pada pria daripada wanita, dan kondisi yang paling umum terkait dengan Kebotakan dini adalah alopecia androgenetika, juga dikenal sebagai Kebotakan pria atau wanita. 

Dilansir dari Mayo Clinic, rambut rontok menjadi penyebab utama kebotakan. Di samping itu, berikut ini beberapa faktor pemicu lainnya:

1. Memiliki Riwayat Keluarga dengan Kondisi yang Sama

Faktor pemicu yang pertama adalah memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang sama.

Dengan kata lain, jika salah satu anggota keluarga mengalaminya, Moms berisiko tinggi mengalami kondisi yang sama.

2. Perubahan Hormon DHT

Pemicu selanjutnya adalah perubahan hormon DHT (dihydrotestosterone). Hormon ini dibuat dengan mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron.

Sekitar 10 persen testosteron pada tubuh pria akan diubah menjadi hormon DHT, yang membuat folikel rambut mengecil. Jika sudah begitu, tidak akan ada rambut yang akan tumbuh melalui folikel tersebut.

Sementara pada wanita, sebagian besar kasus kebotakan dipicu oleh proses menopause. Saat menopause, pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat dan tidak akan sekuat rambut sebelumnya.

Kebotakan juga dapat terjadi pada remaja penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS). Gangguan tersebut membuat menstruasi menjadi tidak teratur, kenaikan berat, dan rambut rontok berlebihan.

3. Stres yang Menumpuk dan Tidak Diatasi

Dilansir dari National Health Institute, kebotakan dipicu oleh stres jangka panjang yang tidak diatasi dengan baik. Saat mengalami stres, tubuh otomatis merasakan emosi negatif, sehingga rambut semakin mudah rontok.

Perlu diketahui bahwa saat stres rambut akan masuk ke dalam fase istirahat. Beberapa bulan kemudian, rontok pun terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber