Apa Sih Yang Menjadi Kuliner Makanan Khas Pekalongan, Nomor 2 Yang Paling Istimewa

Apa Sih Yang Menjadi Kuliner Makanan Khas Pekalongan, Nomor 2 Yang Paling Istimewa

Nasi Megono Khas Pekalongan--by. Hipwee

Bagi setiap daerah di Indonesia mempunyai sajian sotonya masing-masing, tidak terkecuali dengan Pekalongan. Soto khas Pekalongan terkenal dengan nama tauto atau soto tauto. Ini berbeda dengan soto pada umumnya, tauto ini menggunakan bumbu tauco sehingga rasanya sangat unik.

Tauto juga bisa disajikan dengan topping seperti suiran daging ayam dan sayuran. Jika anda mau , anda juga bisa meminta potongan usus dan kulit ayam goreng di dalam satu mangkuk tauto.

2. Sego Megono

Sego megono merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah. Tetapi, Pekalongan mempunyai sajian nasi megono-nya sendiri, yaitu berupa nasi putih yang dicampur dengan sayur nangka muda.

Yang telah dipotongnya kecil-kecil dan memasaknya terlebih dahulu dengan bumbu khusus.Sebagai pelengkapnya, nasi megono biasanya disajikan bersama gorengan atau mendoan.

Menu yang satu ini banyak dijadikan sebagai menu sarapan, sehingga cukup mudah menemukannya di pinggir jalan.

BACA JUGA: Black Canyon Pekalongan: Tempat Ajaib untuk Camping

3. Pindang Tetel

Bila Anda menyukai tetelan sapi, jangan lewatkan yang satu ini yaitu sajian pindang tetel saat berkunjung ke Pekalongan. Sekilas, memang makanan khas Pekalongan yang satu ini mirip dengan rawon, sebab mempunyai kuah hitam yang berasal dari racikan bumbu dan kluwek.

Bisa Anda pastikan, dengan berbagai macam bumbu rempah yang digunakan, pindang tetel mempunyai cita rasa yang kaya. Dan pastikan untuk menambahkan kerupuk aci warna warni sebagai pelengkapnya.

4. Kluban

Apabila merasa butuh asupan serat saat di Pekalongan? Jangan lewatkan menu makanan kluban khas Pekalongan. Kluban sendiri adalah bahasa Jawa yang artinya sayuran.

Ini ada beberapa jenis sayuran yang digunakan untuk makanan khas Pekalongan yang satu ini, termasuk sayur bayam, tauge, kacang panjang, kangkung, dan kol.

Pada tempat lain, kluban juga dikenal dengan nama urap. Kluban biasanya menikmatinya dengan sambal mentah, sambal tomat, atau sambal kacang sebagai pelengkap.

5. Kerupuk Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.orami.co.id