Berikut 7 Ikan Terbesar di Dunia, Lengkap dengan Berat dan Panjangnya, Ada yang Seukuran Bus!

Berikut 7 Ikan Terbesar di Dunia, Lengkap dengan Berat dan Panjangnya, Ada yang Seukuran Bus!

Ilustrasi Ikan Terbesar di Dunia,--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Lautan yang luas diisi oleh berbagai macam spesies beragam, termasuk salah satunya adalah para ikan terbesar di dunia. Hingga saat ini, sudah banyak ditemukan jenis ikan yang ukurannya begitu besar, bahkan melebihi tubuh gajah Afrika, lo.

Penasaran apa saja jenis ikan yang paling besar dan berapa bobotnya?

Melansir berbagai sumber, berikut 7 daftar ikan terbesar di dunia :

1. Whale Shark (Hiu Paus)

Ikan terbesar di dunia yang pertama adalah whale shark atau hiu paus. Ikan satu ini memiliki panjang tubuh yang mencapai hampir 40 kaki dan beratnya sekitar 20 ribu pound atau setara dengan 9.071 kilogram.

Hiu paus juga memiliki mulut yang besar dengan lebar sekitar 5 kaki. Sebagian besar hiu paus dapat ditemukan di lautan tropis dunia. Kulitnya yang berbintik-bintik putih membuat mereka mudah diidentifikasi oleh penyelam dan perenang snorkel.

Ketika mendengar kata hiu, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran manusia adalah hiu merupakan hewan yang ganas dan pemakan manusia, sama seperti yang disiarkan di film-film.

Untungnya, hiu paus lebih suka memakan plankton, terlepas dari ukurannya yang sangat besar.

2.Basking Shark ( Hiu Penjemur)

Cetorhinus maximus atau basking shark atau disebut hiu penjemur, memiliki panjang sekitar 8 meter atau  26 kaki dengan berat hampir 19 ton. Ukurannya tersebut menjadikan spesies ini spesies hiu ini menjadi ikan terbesar kedua dunia.

Spesies hiu ini sering  bermigrasi dan ditemukan di seluruh lautan beriklim sedang di dunia. Seperti hiu paus, basking shark juga mengonsumsi plankton.

Sayangnya menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu penjemur merupakan spesies yang rentan karena sering dieksploitasi manusia untuk diambil sirip dan minyak ikannya.

3. Great White Shark (Hiu Putih)

Great White Shark atau hiu putih besar punya nama latin Carcharodon carcharias. Ikan terbesar ketiga di dunia ini bisa ditemukan di perairan pesisir lautan dengan suhu air berkisar 12 dan 24 derajat Celsius.

Ikan ini ditemukan memiliki panjang sekitar 6 meter atau 20 kaki dan berat sekitar 3,3 ton. Hiu putih besar dapat hidup selama lebih dari 70 tahun dan ikan ini cukup berbahaya.

Pasalnya, karena tinggal di perairan pesisir, ikan ini jadi lebih sering bertemu manusia.

Namun, manusia bukanlah mangsa utama dari dari spesies ini. Ikan terbesar di dunia ini memakan spesies seperti burung laut.

BACA JUGA:Inilah 5 Burung Terbesar di Dunia, Apakah Ada Burung Milikmu?

4. Manta Ray (Pari Manta)

Selanjutnya ada ikan pari manta sebagai salah satu ikan terbesar di dunia. Pari manta atau manta ray dalam bahasa inggris dapat tumbuh hingga 23 kaki panjangnya.

Pari manta memiliki gergaji besar di kepalanya. Gergaji ini juga berkontribusi pada ukurannya yang besar.

Pari manta dapat ditemukan di perairan subtropis dan tropis dengan perairan hangat dan sedang. Ikan ini populer di kalangan penyelam scuba dan makanan yang mereka sukai umumnya adalah plankton.

5. Tiger Shark (Hiu Harimau)

Galeocerdo cuvier atau “Hiu Harimau” adalah spesies ikan terbesar keempat yang hidup saat ini. Panjangnya dapat mencapai lebih dari 4,8 meter dan berat sekitar 3 ton.

Populasi spesies ini tersebar luas di lautan tropis dan beriklim sedang. Sebagian besar populasi Hiu hidup di sekitar pulau-pulau di Samudra Pasifik tengah.

Hiu yang lebih muda menunjukkan garis-garis seperti harimau hitam di tubuh yang menghilang seiring bertambahnya usia. Garis-garis inilah yang membuat ia dinamakan hiu harimau.

Hiu ini memiliki basis mangsa terluas di antara semua hiu dan memakan berbagai jenis hewan dari makhluk air, burung laut, dan bahkan sampah.

Sayangnya, hiu macan juga terancam oleh aktivitas manusia hingga masuk ke Daftar Merah IUCN sebagai spesies yang terancam punah

6. Ocean Sunfish (Mola-mola)

Mola mola adalah ikan bertulang terbesar di dunia yang masih hidup. Ikan dewasa dari spesies ini memiliki berat sekitar 2,3 ton dan dapat tumbuh hingga panjang maksimum 3,3 meter.

Karena bentuknya yang unik, ikan ini dapat memiliki lebar sama dengan panjang tubuhnya. Ikan ini menghuni lautan tropis dan beriklim sedang di dunia. Mereka memakan ubur-ubur laut dalam jumlah besar.

Meskipun mereka memiliki sedikit pemangsa alami, mereka menjadi sasaran ancaman besar karena aktivitas manusia seperti memancing. IUCN telah melabeli spesies tersebut sebagai spesies yang rentan.

7. Marlin

Di urutan ketujuh ada marlin, seekor ikan berwarna biru kobalt di bagian atas dan putih keperakan di bagian bawahnya. Marlin berasal dari perairan beriklim sedang dan tropis di Samudera Pasifik, Hindia, dan Atlantik.

Pada ikan marlin, betina memiliki ukuran yang lebih besar daripada ikan jantan. Ukurannya dapat mencapai hampir 14 kaki panjangnya dengan berat sekitar 1.985 pon.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber