Inilah 5 Burung Terbesar di Dunia, Apakah Ada Burung Milikmu?

Inilah 5 Burung Terbesar di Dunia, Apakah Ada Burung Milikmu?

Ilustrasi Burung Terbesar di Dunia--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Burung yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari biasanya berukuran tidak terlalu besar, bahkan ada yang mungil. Namun dari sekian banyak spesies, ada beberapa burung yang memiliki ukuran tubuh besar yang bahkan bisa berdiri setinggi manusia serta memiliki sayap lebar.

Berikut ini adalah 5 burung terbesar di dunia:

1. Burung Unta

Burung terbesar di dunia yang pertama adalah Burung Unta (nama latinnya Struthio camelus) yang memiliki berat rata-rata 104 kg dan panjang tubuhnya mencapai 210 cm! Wow, besar sekali ya!

Burung yang berasal dari benua Afrika ini tidak hanya menjadi burung terbesar di dunia saja, tetapi juga burung tercepat di dunia yang mampu berlari hingga kecepatan 70km/jam.

Tidak hanya itu saja, bahkan mata dari burung unta memiliki diameter hingga 50 mm dan menjadi mata terbesar dari semua hewan darat yang ada di dunia ini. Itulah mengapa, banyak orang yang takut dengan keberadaan burung unta ini apalagi jika sampai dikejar.

Meskipun burung unta ini berasal dari Afrika, tetapi tetap dibudidayakan oleh banyak negara dunia untuk diambil bulunya, kulit, dan dagingnya. Terutama pada bagian kulit akan digunakan sebagai bagian dari produksi tas maupun sepatu.

Meskipun burung unta ini berasal dari Afrika, tetapi tetap dibudidayakan oleh banyak negara dunia untuk diambil bulunya, kulit, dan dagingnya. Terutama pada bagian kulit akan digunakan sebagai bagian dari produksi tas maupun sepatu.

2. Burung Emu

Emu (Dromaius novaehollandiae) adalah burung terbesar kedua setelah burung unta. Spesies ini endemik di Australia dan dapat tumbuh hingga 1,75 meter.

Emu memiliki bulu halus lembut dengan variasi warna abu-abu dan coklat, serta bulu hitam pada batang dan ujung bulu. Emu memiliki dua set kelopak mata, satu untuk berkedip dan yang lainnya untuk mencegah debu masuk.

Emu jantan memiliki berat 50 hingga 55 kilogram dan betina memiliki berat sekitar 5 kilogram lebih banyak daripada jantan.

Meskipun emu biasanya jinak dan relatif tenang, jika mereka merasa terprovokasi atau atau terancam, mereka bisa berbahaya. Emu sangat agresif ketika melindungi bayi mereka.

Dengan kaki dan cakar yang kuat, mereka bisa menyerang dan menyebabkan cedera serius.

3. Burung Kasuari

Burung Kasuari menjadi burung terbesar di dunia ketiga yang bahkan juga diklaim sebagai burung paling berbahaya di muka bumi ini. Pasalnya, burung ini memiliki cakar tajam yang berukuran 13 cm dan dijadikan untuk pertahanan diri.

Bahkan tak jarang, burung ini dapat membunuh manusia yang mengancam keselamatannya. Jenis Burung Kasuari paling besar adalah Southern Cassowary dan Northern Cassowary.

Pada Burung Southern Cassowary (nama latinnya Casuarius casuarius) merupakan hewan endemik yang dapat ditemukan di beberapa wilayah timur laut Australia, Papua Nugini, dan Indonesia. Burung Kasuari jenis ini dikenal juga dengan nama Kasuari Gelambir Ganda yang memiliki berat rata-rata 45 kg dan panjang mencapai 155 cm.

Sementara itu, pada Burung Northern Cassowary (nama latinnya Casuarius unappendiculatus) sedikit lebih kecil memang dari jenis yang sebelumnya, tetapi tetap masuk daftar burung terbesar di dunia.

Memiliki nama lokal berupa Kasuari berleher emas dengan berat rata-rata 44 kg dan panjang mencapai 149 cm. Burung kasuari jenis ini berhabitat di Papua Nugini bagian utara.

BACA JUGA:Seharga Rumah? Inilah 10 Jenis Burung Termahal di Dunia, Ada Yang Capai 1,2M!

4. Burung Rhea

Rhea (Rhea americana) adalah burung asli Amerika Selatan dan masih serumpun dengan burung unta dan emu. Burung besar ini berhabitat di pampas terbuka dan hutan di Argentina dan Brasil.

Rhea menggunakan kaki mereka yang panjang dan kuat untuk berlari hingga kecepatan 70 kilometer per jam. Meskipun sayapnya yang besar tidak berguna untuk terbang, mereka menggunakannya untuk keseimbangan dan mengubah arah saat berlari.

Rhea jantan dewasa dapat tumbuh hingga 1,34-1,70 meter dan berat 26-36 kilogram. Sedangkan rhea betina rata-rata memiliki tinggi 1,35 meter dan berat sekitar 32 kilogram. Meskipun rhea jantan kompetitif saat musim kawin, rhea bukan burung yang agresif.

5. Penguin Kaisar

Dari 18 spesies penguin di Bumi, penguin kaisar adalah spesies yang terbesar menurut World Wildlife Fund (WWF). Tingginya bisa mencapai sekitar 1,2 meter dan berat 40 kilogram. Namun angka tersebut berfluktuasi sepanjang tahun.

Burung-burung yang tidak bisa terbang ini menggunakan simpanan lemak mereka untuk melindungi dirinya dari cuaca ekstrim musim dingin Antartika.

Penguin kaisar berkumpul bersama dalam koloni untuk mengurangi kehilangan panas hingga 50%. Saat berkerumun mereka bisa menciptakan suhu di atas 24 derajat celcius.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber