Kulitmu Berjerawat? Berikut 8 Penyebab Wajah Kamu Sering Muncul Jerawat

Kulitmu Berjerawat? Berikut 8 Penyebab Wajah Kamu Sering Muncul Jerawat

Ilustrasi Penyebab Wajah Sering Muncul Jerawat--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan yang membuat wajah berjerawat, lho. Jadi, jangan heran, kalau kamu sudah menerapkan sejumlah langkah skin care, melakukan beragam cara untuk mengobati jerawat, eh jerawat tetap betah gara-gara kebiasaan-kebiasaan ini.

Jerawat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran, sebum, atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang. Perkembangan terjadinya jerawat bisa dimulai dari komedo, benjolan kecil kemerahan, benjolan besar yang padat (jerawat batu), dan benjolan berisi nanah.

Munculnya jerawat di wajah bisa dipicu oleh beragam hal, mulai dari perubahan kadar hormon, efek samping obat-obatan, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan.

Nah, apa saja penyebab wajah kamu sering muncul jerawat? Berikut penjelasannya:

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka terlalu sering dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Jadi, kamu cukup mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Saat mencucinya, usap dengan lembut wajahmu dan tidak perlu berlama-lama.

2. Produksi Minyak (sebum) Berlebih

Umumnya, kulit manusia mempunyai kelenjar sebaceous (sebasea) yang memproduksi minyak (sebum). Sebum ini nantinya akan naik ke permukaan kulit lewat pori-pori di sekitar folikel rambut dan bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit.

Sebum adalah komponen yang dibutuhkan, tetapi ketika dihasilkan secara berlebihan ternyata dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat pun muncul.

3. Konsumsi Makanan Manis Berlebih

Terlalu sering makan makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih, atau keripik kentang berkontribusi dalam betahnya jerawat di wajah.

Pada beberapa orang, mengonsumsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya juga berpengaruh terhadap kemunculan dan betahnya jerawat di wajah.

4. Perubahan Hormon

Faktor penyebab timbulnya jerawat juga bisa dipicu oleh perubahan kadar hormon androgen, terutama pada laki-laki di masa pubertas. Tak hanya itu, perubahan hormon juga umumnya terjadi pada wanita saat menstruasi, saat hamil, atau menderita sindrom polikistik ovarium.

Perubahan kadar hormon inilah yang menyebabkan kelenjar minyak atau kelenjar sebasea memproduksi minyak berlebih, sehingga pori-pori pada wajah tersumbat dan menimbulkan jerawat.

BACA JUGA:Masih Muda Tapi Sudah Beruban? Berikut 7 Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda

5. Memencet Jerawat

Ketika muncul jerawat, rasanya gemas banget ingin memencetnya, ya? Sayangnya, kebiasaan menghilangkan jerawat dengan cara ini justru dapat menyebabkan masalah baru.

Soalnya, saat jerawat dipencet dan ditekan, ini akan membuat sumbatan pada pori-pori kulit masuk lebih dalam. Alhasil, proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Belum lagi jika tanganmu sedang kotor, bukannya meredakan jerawat, malah bisa membuat jerawat makin betah atau malah makin parah, lho. Jadi, hindari kebiasaan yang satu ini, ya.

6. Stress Yang Tidak Terkontrol

Stres memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Namun, stres yang berlebihan diketahui dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada.

Supaya hal ini tidak terjadi, terapkanlah cara mengelola stres dengan baik.

7. Produk Rambut Yang Terkena Wajah

Terlihat sederhana memang, tetapi kebiasaan membiarkan tetesan produk rambut, baik itu gel atau minyak rambut, mengenai wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Ini karena produk tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya.

Untuk mencegah hal ini, sebisa mungkin batasi paparan produk rambut ke area wajah dan batasi juga penggunaan produk rambut yang terlalu banyak mengandung minyak.

8. Tidur Dengan MakeUp

Ngaku deh, apakah kamu sering tidak menghapus make up sebelum tidur? Kalau iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, ya. Soalnya, produk make up yang dibiarkan semalaman dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Jadi, pastikan kamu menghapus make up dan membersihkan wajah dengan metode double cleansing sebelum tidur supaya wajah tetap sehat dan bebas jerawat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber