Masih Muda Tapi Sudah Beruban? Berikut 7 Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda

Masih Muda Tapi Sudah Beruban? Berikut 7 Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda

Ilustrasi Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Uban atau rambut putih adalah salah satu tanda penuaan yang umumnya terjadi pada orang dengan rentang usia 40 ke atas.

Namun pada beberapa kondisi, tanda penuaan ini juga dialami oleh orang yang berusia lebih muda bahkan remaja. Berikut penyebab uban di usia muda. Tumbuhnya uban yang dialami setiap orang merupakan proses yang alami terjadi.

Di dalam tubuh terdapat folikel rambut yang berperan untuk menentukan warna rambut. Folikel ini berupa lubang atau pori kecil yang terdapat di lapisan kulit terluar dan menjadi tempat tumbuhnya rambut.

Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut akan kehilangan kemampuannya dalam memproduksi pigmen warna alias melanin sehingga menyebabkan rambut menjadi putih atau beruban.

Setidaknya terdapat 7 penyebab tumbuhnya rambut beruban walaupun usia masih muda, yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan adalah penyebab utama munculnya uban di usia muda, merujuk Healthline. Jika Anda mengalami kondisi ini, mungkin saja itu disebabkan karena orang tua atau keluarga Anda mengalami kondisi yang sama sebelumnya.

Faktor genetik ini tidak dapat Anda hindari. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan munculnya rambut putih, Anda bisa mencoba untuk mewarnainya.

2. Stres

Uban di usia muda juga bisa terjadi karena stres. Sebuah penelitian dalam Nature Medicine berhasil menemukan kaitan antara stres dan menipisnya sel induk pada folikel rambut yang diuji pada hewan tikus.

Stres yang terjadi bisa memicu munculnya stres oksidatif yang berujung pada rusaknya sel rambut.

3. Kekurangan Vitamin B12

Salah satu penyebab masih muda sudah ubanan adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel-sel rambut.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh Anda, termasuk sel-sel rambut. Kekurangan vitamin ini bisa melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin (pigmen pemberi warna).

Kekurangan vitamin B12 juga menjadi gejala penyakit yang disebut anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh Anda tidak dapat menyerap cukup vitamin B12.

4. Gangguan Kelenjar Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang terletak di pangkal leher yang berfungsi untuk mengendalikan fungsi tubuh, seperti menjaga metabolisme hingga mengontrol warna pada rambut.

Gangguan kelenjar tiroid ini dapat menghambat berbagai proses metabolisme dalam tubuh serta memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jaringan. Termasuk berkurangnya produksi melanin yang bertugas untuk memberikan warna pada rambut.

BACA JUGA:Bikin Penampilan Nggak Pede! Inilah 7 Penyebab Kuku Menjadi Kuning

5. Penyakit autoimun

Penyebab uban di usia muda selanjutnya yaitu karena penyakit autoimun. Autoimun adalah gangguan kesehatan ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya untuk melawan virus, bakteri, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam kasus ini, penyakit autoimun alopecia dan vitiligo membuat sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut sehingga menyebabkan hilangnya pigmen yang berfungsi untuk memberikan warna rambut.

6. Menggunakan Produk Perawatan Rambut Berbahan Kimia

Produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia bisa mengurangi produksi melanin pada rambut. Penggunaan produk berbahan kimia dalam jangka panjang bisa memicu perubahan warna rambut.

Banyak yang mengira bahwa penyebab uban di usia muda adalah penyakit berbahaya atau merupakan sinyal bahwa umurnya tidak panjang. Padahal, beberapa penyebab tersebut tidak perlu dikhawatirkan sehingga tidak perlu menggunakan produk penghilang uban yang belum tentu aman untuk kesehatan.

7. Kebiasaan Merokok

Merokok menjadi salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan. Ini termasuk turut menyebabkan munculnya uban pada usia muda.

Sebab, merokok dapat menyebabkan meningkatkan kadar stres oksidatif yang berada pada melanosit sel rambut. Tak hanya itu, zat racun yang terkandung pada rokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan tubuh, termasuk folikel rambut.

Merokok juga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan berdampak pada kurangnya asupan darah ke rambut, sehingga memicu rambut rontok.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber