Gelar Donor Darah, IBI Brebes Kumpulkan 65 Kantung

Gelar Donor Darah, IBI Brebes Kumpulkan 65 Kantung

SIMBOLIS - Pengurus IBI Brebes menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka HUT IBI ke 72 tahun. -Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG - Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) Kabupaten BREBES menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka HUT ke-72 IBI di Kantor Sekretariat IBI BREBES, kemarin.

Donor darah yang diikuti oleh seluruh anggota PC IBI Kabupaten Brebes hingga masyarakat umum. Hasilnya, terkumpul 65 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan pasien. 

BACA JUGA:Ditantang Ganjar, Bidan Puskesmas Purwodadi Mengaku Siap Tuntaskan Stunting dalam 3 Bulan

Ketua PC IBI Brebes, Uji Rahayu mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan upaya PC IBI Kabupaten Brebes untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah serta dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit kanker.

Pelaksanaan bakti sosial ini bertajuk 'Satukan Langkah dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berbasis Bukti'.

BACA JUGA:5 Profesi di Bidang Teknologi Paling Menjanjikan

"Pada dunia kesehatan dulu semua pasien itu pasrah, tetapi pada saat ini pasien ini butuh pertolongan, bisa nuntut, bisa memilih dan bisa protes. Jadi kami bertekad menyatukan langkah dalam transformasi kesehatan untuk pelayanan kebidanan," ungkap Uji Rahayu, kemarin.

Dia menuturkan, kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan HUT IBI ke-72 tahun.

BACA JUGA:Ganjar Berharap Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan

Pada donor darah kali ini terkumpul 65 kantung darah dengan rincian golongan darah A ada 12 kantung, B ada 18 kantung, AB ada 11, dan golongan darah O ada 24 kantung.

IBI Brebes juga mengambil bagian dalam mewujudkan salah satu pilar transformasi kesehatan layanan primer yaitu agar masyarakat Kabupaten Brebes dapat memperoleh informasi dan edukasi yang benar dari petugas kesehatan.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk menggalakkan gerakan gemar hidup sehat. Bidan adalah ujung tombak dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak demi terwujudnya SDM yang berkualitas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: