Sudah Saatnya Anda Tahu! Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Rambut, Penasaran?

Sudah Saatnya Anda Tahu! Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Rambut, Penasaran?

--

DISWAYJATENG – Mungkin selama ini anda dan kebanyakan orang mengetahui jika minyak kayu putih berfungsi untuk menghangatkan badan. Dalam penggunaanya, minyak kayu putih ini identik dengan fungsinya sebagai penghangat badan.

Ternyata yang kita tahu selama ini terlalu sederhana, ada banyak manfaat atau fungsi minyak kayu outih ini selain dari pengangat badan tadi.  

Dari  banyaknya minyak esensial yang sering orang gunakan, minyak kayu putih orang nilai baik untuk keseluruhan tubuh, termasuk rambut. Hal ini tak mengherankan, mengingat minyak ini telah lama menjadi obat tradisional multifungsi.

Mulai dari mencegah ketombe, melebatkan rambut, hingga mengurangi uban, simak manfaat minyak kayu putih untuk rambut berikut.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut

Melansir dari laman AllthingsHair, berikut akan kami bagikan beberapa manfaat minyak kayu putih.

Tak hanya bisa untuk menghangatkan tubuh, coba juga manfaat minyak kayu putih untuk rambut berikut.

1.    Mencegah Ketombe

Minyak kayu putih mengandung antijamur dan antiseptik alami yang secara spesifik dapat mengobati ketombe. Kedua kandungan ini juga efektif mematikan dermatitis seboroik, kelainan pada kulit kepala akibat ketombe. Tentu saja, hasil ini didapatkan bila penggunaan kayu putih pada rambut dilakukan secara konsisten dan didukung perawatan rambut lain.

2.    Meredakan Iritasi Akibat Gatal.

Zat eucalyptol dalam minyak kayu putih dapat meredakan gatal pada kulit kepala. Zat ini memang memiliki manfaat anti-inflamasi dan pereda nyeri.

Selain itu, minyak ini mempunyai kandungan metanol yang memiliki efek mendinginkan dan menghilangkan gatal. Kalau kulit kepalamu gatal, kering, hingga mengelupas, kamu bisa mencoba manfaat minyak kayu putih untuk rambut ini.

3.    Merangsang Pertumbuhan Rambut

Minyak kayu putih adalah salah satu jenis minyak atsiri yang dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Saat minyak kayu putih anda gunakan pada kulit kepala, akar rambut mendapat nutrisi dan oksigen yang cukup untuk tumbuh.

Akar rambut umumnya tidak mendapat terlalu banyak perhatian dalam perawatan sehari-hari, sehingga perawatan ini memberi ‘ruang’ untuk akar rambut ‘bernapas’. Hasilnya,  minyak yang disebut pula dengan nama eucalyptus oil ini bisa mendorong pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Oleskan pada kulit kepala dan diamkan sekitar 20 menit. Kamu juga bisa memijat lembut kulit kepala agar minyak lebih meresap.

4.    Menyeimbangkan Produksi Minyak.

Pada kulit kepala berminyak, minyak kayu putih akan menjaga keseimbangan produksi minyak. Hal ini karena adanya kandungan antijamur pada minyak kayu putih yang mengembalikan kondisi kulit kepala menjadi ideal.

5.    Mengatasi Kutu Rambut

Tidak hanya bisa menenangkan kulit kepala, manfaat minyak kayu putih untuk rambut juga bisa mengatasi masalah kutu rambut. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki khasiat yang ampuh mengusir serangga, sehingga bisa bermanfaat untuk mengobati kutu rambut. Jadi, minyak kayu putih bisa jadi alternatif obat penghilang kutu rambut.

6.    Membuat Tampilan Rambut Lebih Indah

Minyak ini ternyata juga mengandung anti-oksidan. Karena itu, hasil dari rambut yang dirawat dengan minyak kayu putih tidak hanya sehat, tapi juga terasa lembut.

Rambut menjadi ‘jatuh’ dan mudah  kita tata sesuai yang diinginkan. Kandungan antioksidan ini juga bisa melindungi rambut dari polusi, sinar matahari, dan debu yang kerap membuat rambut kusam.

Untuk mendapat manfaat minyak kayu putih ini, kamu bisa menggunakan pada kulit kepala dan batang rambut.

7.    Mengurangi Uban

Siapa sangka salah satu solusi menyingkirkan uban adalah minyak kayu putih? Selain karena faktor usia, ada juga beberapa penyebab uban lain, seperti pola makan atau faktor stres.

Untuk mengurangi uban dengan minyak kayu putih, oleskan pada kepala hingga ujung rambut yang bersih. Pijat lembut selama 10-15 menit lalu tunggu minimal 2 jam agar minyak dapat meresap. Bilas dengan air bersih dan keramas untuk menghilangkan aroma minyak kayu putih.

Tip Editor: Pemilik kulit kepala sensitif perlu berhati-hati ketika menggunakan minyak kayu putih langsung pada kulit kepala, karena ada kemungkinan iritasi. Usapkan beberapa tetes dulu untuk menguji reaksi.

BACA JUGA:Biar Gak Ketinggalan Jaman, Ini 8 Tren Gaya Rambut yang Sedang Populer

Itulah informasi mengenai manfaat dari minyak kayu putih selain hanya sebagai penghangat tubuh. Selamat mencoba. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: