Inilah 10 Jenis Kucing yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia, Mana Pilihanmu?

Inilah 10 Jenis Kucing yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia, Mana Pilihanmu?

Ilustrasi jenis kucing--

DISWAYJATENG.ID - Inilah 10 Jenis Kucing Yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia, Mana Pilihanmu? Kucing adalah hewan mamalia karnivora yang dikategorikan sebagai peliharaan rumahan. Banyak yang memelihara kucing karena bisa meredakan stres dan mengembalikan mood.

Dari segi jenis, kucing memiliki banyak sekali macamnya. Terkhusus di Indonesia, ada beberapa jenis kucing yang populer dipelihara di rumah. Nah, apa saja itu?

Berikut 10 jenis kucing yang banyak dipelihara orang Indonesia :

1. Persia

Kucing yang satu ini sudah sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Pasalnya, mereka punya sifat yang tenang dan senang bermain. Tak heran jika mayoritas orang memilih kucing ini untuk dipelihara.

Kendati begitu, bulu kucing persia perlu dirawat secara rutin. Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing ini, pastikan anggota keluarga punya jiwa telaten untuk merawatnya.

2. American Shorthair

Karakteristik kucing yang satu ini yaitu mudah beradaptasi dengan lingkungan, senang bermain, dan punya naluri berburu yang kuat. Kelebihan lainnya adalah bulunya yang pendek, tebal, dan tidak mudah rontok sehingga mudah dirawat.

Kamu cukup menyisir bulunya dua kali seminggu untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati.

3. Mainne Coon

Selanjutnya, ada jenis-jenis kucing Maine Coon. Kucing jenis ini merupakan salah satu ras kucing terbesar yang dapat dipelihara di rumah. Kucing Maine Coon dewasa bisa tumbuh hingga sepanjang 1,2 meter dan memiliki tinggi 40 cm.

Kucing ini banyak diminati karena perwujudannya yang nampak gagah dan sangar. Namun, kucing ini juga terlihat anggun karena memiliki surai yang panjang. Harga kucing ini terbilang cukup mahal, untuk usia 3-4 bulan bisa dibanderol mulai dari Rp8.000.000.

4. Kucing Kampung

Kucing domestik atau yang dikenal juga sebagai kucing kampung merupakan jenis kucing yang paling mudah ditemui di jalanan. Ketika tidak dipelihara, kucing ini biasanya akan berkeliaran disekitar pemukiman warga atau di pasar tradisional.

Berbeda dengan kucing ras yang punya karakteristik khas dan memerlukan perawatan khusus, kucing domestik tidak memiliki karakteristik dan perawatan khusus tersendiri.

5. Anggora

Tak sedikit orang yang sulit membedakan kucing Persia dan Anggora. Sebab, keduanya sama-sama berbulu lebat dan panjang. Perbedaan antara persia dan anggora terletak di bentuk tubuhnya. Anggora cenderung lebih ramping ketimbang Persia.

Selain itu, kepala kucing ras ini berbentuk segitiga dan hidungnya yang lebih mancung. Untuk sifatnya, Anggora juga sangat tenang dan manja sehingga cocok menjadi teman Si Kecil.

BACA JUGA:Inilah 8 Penyakit yang Sering Menyerang Kucing Peliharaan, Pemilik Wajib Waspada!

6. Bengal

Kucing yang menyerupai macan tutul mini ini juga bisa menjadi teman yang energik untuk Si Kecil. Pasalnya, mereka sangat lincah dan tidak mudah bosan. Bengal juga mudah terhibur dengan berbagai jenis mainan.

Perawatannya pun tergolong praktis karena kucing ini berbulu pendek, mirip dengan kucing domestik. Bedanya, Bengal punya tubuh yang lebih besar karena posturnya tegap.

7. Abyssinian

Jenis kucing ini mungkin agak terdengar asing bagi sebagaian besar orang. Abyssinian termasuk ras kucing cerdas, aktif, dan sangat suka bermain. Uniknya, kucing ini tidak diskriminatif ketika berhubungan dengan teman bermainnya, baik itu manusia ataupun kucing lainnya.

8. Siam

Kucing Siam menjadi salah satu ras paling populer untuk keluarga karena kepribadiannya yang cerdas, penuh kasih sayang, dan ramah. Nilai plus inilah yang membuat kucing ini cocok dipelihara anak.

9. Birman

Kucing cantik nan penyayang ini bisa menjadi teman yang ideal untuk anak-anak. Pasalnya, mereka mudah dirawat, sangat suka bermain, dan memiliki temperamen yang lembut.

Walaupun kucing birman dinilai kurang aktif ketimbang ras lain, mereka justru lebih mudah beradaptasi.

10. Manx

Manx punya karakter yang lembut dan suka bermain, terutama permainan lempar bola. Apabila Si Kecil senang memeluk dan bersentuhan dengan hewan peliharaan, kucing Manx adalah pilihan tepat.

Sebab, mereka sangat senang berinteraksi dengan majikannya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber