Wah, Ternyata Ini Peran Hormon Dopamine Dalam Tubuh, Simak Cara Meningkatkannya!

Wah, Ternyata Ini Peran Hormon Dopamine Dalam Tubuh, Simak Cara Meningkatkannya!

Fungsi dopamine dalam tubuh dan cara meningkatkannya--

DISWAYJATENG.ID - Ternyata hormon dopamine memiliki banyak manfaat dalam tubuh, hormon tersebut juga dapat meningkat. Bagaimana cara meningkatkan hormon dopamine dalam tubuh? Simak berikut ini. Hormon dopamine adalah neurotransmiter yang berperan penting dalam sistem saraf manusia.

Dopamine diproduksi dalam otak oleh neuron-neuron yang terletak pada beberapa wilayah seperti substantia nigra dan ventral tegmental area. Hormon ini berfungsi sebagai pengirim sinyal kimia antar sel saraf (neuron) dalam sistem saraf pusat.

Dopamine memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai fungsi tubuh, antara lain:

1. Regulasi suasana hati

Dopamine berperan dalam mengatur perasaan senang, kebahagiaan, dan motivasi. Kekurangan dopamine dapat terkait dengan gangguan suasana hati seperti depresi.

2. Pengendalian gerakan

Dopamine membantu mengatur koordinasi gerakan dan fungsi otot. Kekurangan dopamine dapat menyebabkan gangguan gerakan seperti dalam penyakit Parkinson.

3. Fungsi kognitif

Dopamine berperan dalam pemrosesan informasi, belajar, konsentrasi, dan memori. Ketidakseimbangan dopamine dapat memengaruhi fungsi kognitif dan berkaitan dengan gangguan seperti ADHD dan skizofrenia.

4. Sistem hadiah

Dopamine terlibat dalam respons hadiah dan motivasi. Tingkat dopamine yang meningkat dapat memberikan perasaan kenikmatan dan kepuasan saat mencapai tujuan atau merasakan kepuasan.

5. Pengaturan perilaku

Dopamine berperan dalam mengendalikan perilaku dan kecanduan. Kekurangan atau kelebihan dopamine dapat berkontribusi pada gangguan perilaku seperti gangguan perhatian, hiperaktivitas, dan kecanduan.

Penting untuk menjaga keseimbangan dopamine dalam tubuh, karena ketidakseimbangan dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: