Tempat Bersejarah di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat Bersejarah di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Candi prambanan--

DISWAYJATENG.ID - Yogyakarta adalah kota yang sudah sangat terkenal dengan budaya dan tradisinya yang sangat kental. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi kota ini, tak hanya wisatawan lokal bahakn wisatawan dari berbagai macam negara pun tertarik untuk mengunjungi Yogyakarta 

 

Namun tahukah kamu? Di Yogyakarta banyak sekali tempat-tempat bersejarah seperti jejak-jejak peninggalan masa lampau yang mudah ditemui seperti candi, hingga tempat pemandian keluarga keraton. Benda-benda bersejarah juga tak luput tersimpan rapi dan terawat di museum-museum yang bisa dikunjungi kapan saja.

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta dan ingin sedikit lebih mengenal provinsi tersebut, berikut merdeka.com merangkum tempat wisata di Yogyakarta beraroma sejarah dan budaya melansir dari brilio dan liputan6:

1.  Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Tempat wisata di Yogyakarta ini terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.


2. Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta.

Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari. Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga.

Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding. Tarif masuknya cukup murah, hanya Rp 5.000 - Rp. 15.000 saja.

3. Museum Keraton Ngayogyakarta

Masih berada di kompleks keraton sebelah barat. Museum Keraton Yogyakarta ini berisi barang-barang jejak Sultan Hamengkubuwono IX dan benda-benda keraton lainnya. Begitu juga dengan adat istiadat yang kental menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Selain banyak para abdi dalem yang berjaga di museum, kamu juga bisa menyaksikan beberapa pagelaran seni di museum.

Bangunan-bangunan seni di Keraton Yogyakarta juga menjadi salah satu bagian memikat yang tidak bisa dilewatkan untuk berfoto. Harga tiket masuk museum sebesar Rp 8.000,00.

4. Museum Sonobudoyo

Museum ini berlokasi tepat berada di nol kilometer Yogyakarta atau di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan. Museum ini memiliki koleksi tentang kebudayaan Jawa terlengkap setelah Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta.

Ada lebih dari 40 ribu benda bersejarah dan penting. Mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika. Di waktu tertentu, kamu juga dapat menonton pagelaran wayang. Jalan menyusuri ruangan museum terdapat bangunan berbentuk gapura ala kerajaan kuno yang cantik dan Instagramable.

Harga tiket museum ini hanya Rp 3000,00 ribu untuk dewasa dan Rp 2.500,00  untuk anak-anak.

5. Candi Ratu Boko

Tempat wisata di Yogyakarta selanjutnya yaitu Candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman.

Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Jika pergi ke Candi Ijo, kamu juga bisa mampir sekaligus ke Candi Ratu Boko.

6. Museum Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan benteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum.

Di dalam tempat wisata di Yogyakarta ini terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

 

Nah masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang bisa anda kunjungi di Yogyakarta. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hotel 200 Ribuan di Jogja, Cocok Untuk Staycation

 

(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: