Memilih Jodoh Menurut Islam, Para Jomblo Wajib Simak dan Ikuti

Memilih Jodoh Menurut Islam, Para Jomblo Wajib Simak dan Ikuti

Memilih jodoh munurut agama Islam memiliki kriteria tertentu--

DISWAYJATENG – Jodoh merupakan rahasia Ilahi, tidak ada orang yang tahu kapan dia akan menemukan jodohnya. Seperti halnya dengan rejeki dan umur, jodoh merupakan  suatu takdir dari Tuhan terhadap hambaNya.

Sejatinya manusia Tuhan ciptakan berpasang-pasangan. Jadi dangan pernah meragukan atau mengkhawatirkan jika anda belum menemukan jodoh anda.

Perihal memilih jodoh juga bukan merupakan hal yang sembarangan, dialah yang akan menemani anda hingga tua nanti. Dalam agama Islam, semua hal sudah Allah jelaskan dengan baik dan benar.

Dalam Al-Quran juga mengatakan, Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambaNya. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan musyrik. Dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik. Dan yang demikian itu Allah haramkan atas orang-orang yang mukmin. (QS. AN-Nur :3)

Dalam firman Allah tersebut jelas bahwa Allah memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya. Maka dari itu senantiasa terdapat nasihat bahwa seseorang hendak memperbaiki dirinya dengan menjalankan perintah Allah. Serta menjauhi segala larangan-Nya agar kela mendapat jodoh yang baik pula.

Mengutip dari buku Pintar Mencari Jodoh karya Wida Azzahida (2016), mempertahankan kesucian sangat Islam anjurkan tetapi itu tidk berarti hidup sendiri selamanya. Dalam agama Islam juga mengatur tentang bagaimana cara mendapatkan jodoh.

Sehingga anda juga tidak bisa sembarangan dalam mencari dan menentuka jodoh anda. Bagaimana cara mencari jodoh menurut agama Islam yang baik dan benar?

Cara Memilih Jodoh Menurut Islam

Dalam agama Islam, melepaskan label bujangan secara sah menurut syariat berarti telah menggeapkan separuh agama (din). Karena banyak hal berubah menjadi amal saleh dan peluang tersebut hanya dapat umat raih oleh hamba-hamba Allah yang telah menikah.

Memilih jodoh adalah salah satu keputusan terbesar yang akan seorangmuskim ambil dalam hidupnya. Berikut beberapa tips memilih jodoh menurut Islam:

1.    Berdoa kepada Allah

Doa merupakan senjata seorang muslim. Sebelum memulai proses memiih jodoh, selalu berdoa kepada Allah untuk memberikan petunjuk dan memudahkan jalan. Mintalah keberkahan dalam memilih jodoh.

2.    Memahami nilai-nilai dan tujuan hidup yang sama

Pasangan hidup sebaiknya memiliki nila-nilai dan tujuan hisup yang sama. Hal ini akan memudahkan dalam merencanakan masa depan bersama.

3.    Melihat kecocokan kepribadian dan minat

Walaupun nilai-nilai dan tujuan hidup sama, pasangan hidup sebaiknya juga memiliki kecocokan kepribadian dan minat yang sejalan. Ini akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis dan bahagia.

4.    Memperhatikan agama dan akhlak

Islam meneankan pentingnya memilih pasangan yang memiliki agama dan akhlak yang baik. Memilih pasangan yang taat beragama dan mempunyai karakter yang baik memudahkan dalam membina rumah tangga.

5.    Memperhatikan keluarga calon pasangan

Islam mengajarkan untuk memperhatikan keluarga calon pasangan. Bertemu dengan keluarga pasangan dan memahami kebiasaan dan budaya keluarga akan membantu pasangan tersebut.

6.    Mempertimbangkan masa depan

Pernikahan adalah ikatan yang abadi. Sebaiknya memilih pasangan yang siap menghadapi masa depan bersama. Baik dalam hal finansial, karir maupun tanggung jawab dalam keluarga.

7.    Tidak hanya terpaku pada penampilan fisik

Islam mengajarkan untuk tidak hanya terpaku pda penampilan fisik seseorang. Menilai seseorang dari dalam akan lebih pentig daripada hanya melihat penampilan luar saja.

BACA JUGA:Berangkat Umroh Dana Talangan Boleh Saja Dengan Catatan

Itulah cara memilih jodoh menurut Islam yang perlun anda ketahui. Dalam memilih jodoh, selain mengutamakan kebaikan, kejujuran dan ketulusan dalam hati. semoga Allah memberikan keberkahan dan mempermudah jalan dalam mencari jodoh yang tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: