Pasti Anda Gak Percaya Jika Daun Jambu Biji Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Pasti Anda Gak Percaya Jika Daun Jambu Biji Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat yang perlu anda ketahui--

DISWAYJATENG – Daun jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagian orang menganggap bahwa daun jambu biji tidak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Daun yang berwarna hijau ini telah sebagian orang percaya sebagai salah satu obat herbal dalam belahan dunia manapun. Daun tumbuhan ini mengandung ekstrak antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang juga bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung sepeti flavonoid, polifeol, tannin dan karotenoid dapat berguna mengobati berbagai penyakit.

Mengutip dari Helathline, terdapat manfaat daun jambu biji yang perlu anda ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Daun Jambu Biji

1.    Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun jambu biji dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Sebuah penelitian Nigeria membuktikan bahwa daun jambu biji dapat mengurang risiko penyakit jantung. Hal ini karena daun ini mengandung senyawa yang dapat melarutkan kadar kolesterol low densit lipoprotein (LDL).

2.    Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun jambu ini lainnya adalah mampu menurunkan berat badan. Mengutip dari laman healthiersteps, hal ini karena ada proses pemecahan karbohidrat menjadi senyawa yang dapat tubuh olah lagi. Dengan melalui proses ini, maka tidak ada proses perubahan kompleks menjadi gula. Minuman ekstrak daun jambu biji juga mengandung rendah kalori sehingga dapat menjadi pengganti minuman untuk tinggi gula.

3.    Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika anda menderita diabetes, anda bisa menggunakan daun jambu biji untuk mengontrol kadar glukosa secara alami. Anda bisa mengolahnya menjadi teh.

4.    Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Banyak orang yang mungkin sering mendengar bahwa daun jambu biji dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah. Estrak daun jambu biji dapat membantu meningkatkan trombosit serta menghambat pertumbuhan virus dengue dalam tubuh. Cara penyajiannnya adalah merebus 8 – 9 lembar daun ini dan campurkan dengan air minimal 6 gelas kemudian rebus hingga air mulai menyusut. Setelah itu, saring airnya dan minum sebelum dingin.

5.    Mengatasi Perut Kembung

Daun ini juga bisa mengatasi meredakan keluhan perut kembung. Hal ini karena sifat anti inflamasi dalam daun yang membantu menenangkan usus dalam sistem pencernaan sehingga tidak kembung lagi.

6.    Mengobati Diare

Anda juga bisa menggunakan daun ini untuk mengobati diare. Para peneliti telah mempelajari penggunaan teh daun jambu ini sebagai pengobatan anti diare.

Hasilnya, diare yang penyebabnya infeksi dapat sembuh lebih cepat setelah pemberian teh daun jambu biji. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa merebus daun ini dam minum airnya saat sudah agak dingin.

7.    Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat  menyebabkan stress oksidatif dan gangguan  serta penyakit kronis pada tubuh. Untuk menetralkan radikal bebas, anda perlu memastikan tubuh mendapatkan cukup antioksidan. Daun ini mengadung antioksidan dan flavonoid  yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang berperan sebagai pereduksi dan penagkal radikal bebas.

8.    Menurunkan Risiko Kanker

Daun jambu biji dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara, prostat dan mulut karena jumlah antioksidan likopen yang tinggi. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa likopen berperan penting dalam menurunkan risiko kanker.

9.    Meredakan Pilek dan Batuk

Daun jambu biji mengandung vitamin C dan zatbesi yang tinggi. Rebusan daun ini sangatmembantu meredakan batuk dan pilek karena membantu menghilangkan lendir. Jug dapat mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru.

BACA JUGA:Bau Gak Enak Namun Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Itulah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh dan kulit. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: