Bau Gak Enak Namun Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Bau Gak Enak Namun Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Jengkol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan--

DISWAYJATENG -  Jengkol sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, berbagai masakan dan olahan jengkol banyak orang gemari. Meskipun tidak sedikit orang juga yang mengatakan tentang efek negatif yang timbul karena konsumsi jengkol.

Jengkol selain gampang kita temui dalam wilayah Indonesia ternyata  juga mudah kita temui pada Negara lain. Pada wilayah Negara Malaysia, Thailand dan Myanmar jengkol juga sudah mereka kenal sebagai salah satu olahan makanan yang lezat.

Meski menimbulkan bau yang khas dan menyengat, jengkol merupakan salah satu makanan yang cukup mereka sukai sebagai menu favorit sebagian orang. Jengkol dapat kita konsumsi baik dalam keadaan mentah maupun menjadi beragam santapan lezat seperti semur jengkol, jengkol balado ataupun jengkol goreng.

Namun, sebagian orang juga mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa jengkol ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Jengkol

Ternyata jengkol memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehtan tubuh. Dalam 100 gram jengkol mentah terkandung sekitar 192 kalori serta beberapa nutrisi lain seperti :

1.    52 gram air

2.    5 gram protein

3.    0,3 gram lemak

4.    41 gram karbohidrat

5.    1,5 gram serat

6.    150 miligram fosfor

7.    241 miligram kalium

8.    60 miligra natrium

9.    31 miligram vitamin C

Selain kandungan tersebut, jengkol jugamengandung senyawa fenolik yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi.

Manfaat Jengkol

Ada beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan yang sebagian orang belum mengetahuinya :

1.    Menjaga Daya Tahan tubuh

Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam jengkol adalah vitamin C. berkat kandungan ini, jengkol menjadi salah satu makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin C mampu mendorong prduksi sel darah putih dan meningkatkan fungsinya sehingga tubuh dapat terlindungi dari infeksi.

2.    Mengendalikan Tekanan Darah

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, jengkol termasuk dalam makanan yang cocok untuk anda masukkan ke dalam menu sehari-hari. Kandungan kalium dalam jengkol sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi kalium mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan. Terutama pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun meski begitu, konsumsi jengkol saja tetap tidak bisa menggantikan pengobatan medis untuk hipertensi. Selain itu, jengkol sebaiknya jangan anda goreng dan anda tambah banyak garam karenatidak baik untuk hipertensi.

3.    Melancarkan Buang Air Besar

Konsumsi jengkol yang sudah matang orang percaya dapat mengatasi sembelit atau konstipasi. Manfaat ini karena kandungan air dan serat yang ada dalam jengkol yang mampu melunakkan tinja. Dengan begitu, buang air besar pun menjadi lebih lancar.

4.    Mengontrol Gula Darah

Manfaat berikutnya yang tidak kalah penting adalah mampu mengontrol tekanan gula darah. Hal ini berkaitan kandungan kalium dan serat pada jengkol yang dapat mendukung kerja insulin dan memperlambat penyerapan gula.

Sehingga jengkol baik dalam mengontrol kadar gula darah. Namun, untuk mengontrol kadar gula darah pada kondisi diabetes, penderita juga sebaiknya menerapkan polahidup sehat. Seperti konsumsi makanan rendah gula dan mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter.

5.    Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan vitain C dalam jengkol juga berperan penting dalam mencegah penyakit kronis yang penyebabnya radikal bebas. Selain itu, kandungan senyawa fenilik jugamemiliki aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas gunamelindungi tubuh.

BACA JUGA:Merokok dan Segudang Bahaya Bagi Kesehatan Anda, Yakin Masih Mau Merokok?

Semua manfaat jengkol untuk kesehtan memang dapat anda peroleh dengan cara mengonsumsinya. Namun, konsumsi jengkol saja tidak cukup untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit.

Penelitian terkait efek jengkol terhdap kesehatan masih terus ilmuwan kembangkan guna mengetahui seberapa besar manfaat dari jengkol tersebut. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: