Dosakah Istri Apabila Menolak Ajakan Suami Berhubungan Badan? Perhatikan Baik-Baik Wahai Para Istri

Dosakah Istri Apabila Menolak Ajakan Suami Berhubungan Badan? Perhatikan Baik-Baik Wahai Para Istri

Hukum seorang istri menolak ajakan suami--

DISWAYJATENG – Menolak ajakan suami berhubungan seks apakah merupakan sebuah dosa dalam sudut pandang  Islam? Agama Islam menerangkan perihal ini sedemikian jelas merupakan sesuatu yang sangat sakral.

Pernikahan pun termasuk dalam katagori ibadah dan barang siapa yang melaksanakn hal termenjadi sebut dengan sungguh-sungguh maka ia telah menyempurnakan ibadahnya dari Allah SWT. Dalam perjalanan sebuah rumah tangga, suami dan istri memiliki peran serta kewajibannya masing-masing.

Mereka harus bisa membahagiakan pasangannya satu sama lain. Salah satu cara seorang istri membahagiakan suaminya yaitu dengan memenuhi dan melayani dengan tulus ikhlas.

Itu menjadi kewajiban utama seorang istri terhadap suaminya yang tidak boleh mereka tinggalkan. Maka dari itulah akan menjadi sangat berbahaya apabila seorang istri menolak ajakan suami untuk melakukan hubungan seks.

Banyak konsekuensi yang harus ia tanggung akibat penolakan tersebut. Seperti apa penjelasan hal tersebut dari sudut pandang agama? Berikut penjelasannya merangkum dari Popmama terkait hal tersebut:

1.    Hukumnya Dosa Menolak Tanpa Alasan yang Jelas

Salah satu tujuan adanya pernikahan dalam Islam yakni untuk mendapatkan keturunan. Untuk mewujudkan hal tersebut, suami istri perlu melakukan hubungan seks. Tidak hanya untuk memperoleh keturunan, berhubungan seks juga meningkaan keharmonisan dalam rumah tangga. Rasullah SAW bersabda:

Apabila seorang suami mengajak istrinya untuk berkumpul hendaknya perempuan itu mendatanginya sekalipun ia berada dalam dapur. (HR. Tirmidzi 4/387)

Melaui hadis tersebut jelas anda pahami bahwa seorang perempuan yang sudah menjadi istri wajib untuk melayani suaminya. Meskipun ia sedang melakukan suatu pekerjaan. Jadi suami harus istri prioritaskan dari hal-hal yang lain.

Jika istri menolak ajakan suami, ia akan mendapatkan dosa dengan alasan yang tidak jelas. Hal ini sesuai dalam HR. Bukhari bahwa:

Jikasuami memanggil istrinya untuk tidur bersama, lalu istri menolaknya sehingga sang suami menjadi marah. Maka para malaikat akan mengutk istri tersebut hinggapagi hari. (HR. Bukhari)

2.    Istri Boleh Berhubungan dengan Suami Atas Syarat Tertentu

Hukum menola ajakan berhubungan dengan suami Islam perbolehkan apabila sesuai dengan syarat-syarat berikut ini:

a.  Sedang dalam kondisi haid

Berhubungan badn dengan istri saat sedang dalam kondisi haid hukumnya haram. Hal ini seperti dalam QS. Al-Baqarah ayat 22 :

Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah haid itu adalah suatu kotoran. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita saat haid. Dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu pda tempat yang Allah perintahkan kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orag-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al-Baqara 222)

b. Istri dalam kondisi mengandung

Perempuan dalam kondisi hamil kegiatannya terbatas karena kondisi fisik yang berubah. Salah satunya yakni berhubungan seks. Dalam hal ini istri Islam perbolehkan menolak ajakan suami bila kondisi tubuhnya benar-benar tidak mendukung.

c.  Istri sedang sakit

Setiap manusia memiliki kadar kemampuan tubuh yang berbeda-beda, semua tidak bisa kita samakan. Dalam kondisi berhubungan seks, istri boleh menolak ajakan suami apabila dirinya sedang dalam kondisi tidak bugar. Dalam hal ini yaitu yang membuat tubuhnya tidak memiliki kemampuan dan tenaga untuk melakukan aktivitas tersebut.

d. Berpotensi menimbulkan konflik rumah tangga

Berhubungan dengan pasangan dapat menciptakan gelora keharminisan dalam rumah tangga. Maka perlu anda pahami menolak ajakan suami akan menimbulkan konflik. Hal ini bisa menyakitihat suami dan membuatnya kecewa.

e. Konsekuensi dosa apabila menolak ajakan suami

Ada beberapa konsekuensi yang akan istri tanggng yang menolak ajakan suaminya, antara lain:

1.    Mendapat laknat dan malaikat akan mengutuk hingga pagi hari

2.    Salatnya tidak akan Allah terima

3.    Kebaikan tidak akan mereka terima

4.    Tidak dapat masuk surge karena tidak mendapat ridho dari suami dan Allah SWT

5.    Mendapatkan dosa

6.    Suami akan berpaling ke perempuan lain

BACA JUGA:Suami Istri Harus Tahu Ini, Tanda-Tanda Pasangan Memiliki Ikatan Pernikahan yang Kuat

Perempuan yang terbaik yaitu ia yang bersedia memberikan pelayanan pada suaminya secara tulus ikhlas. Dengan begitu, hati suami akan bahagia dan istri mendapat ridho surge atas perbuatan mulianya dalam rumah tangga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: